fbpx

KAMI ADA UNTUK MEMBANTU ANDA

  1. Home
  2.  » 
  3. Event
  4.  » Peringati Bulan Kesadaran Kanker Payudara, AHCC Gelar Zumba dan Sosialisasi SADARI

Peringati Bulan Kesadaran Kanker Payudara, AHCC Gelar Zumba dan Sosialisasi SADARI

BREAST CANCER AWARENESS With ZUMBA PARTY

Setiap bulan Oktober di seluruh penjuru dunia, kesadaran tentang kanker payudara kembali diserukan. Kanker yang mungkin menjadi salah satu momok bagi seluruh wanita dan mungkin juga pria. Kita seperti kembali diingatkan kanker yang mungkin sedang atau pernah diderita diri, orang terkasih , teman atau bahkan belahan jiwa. Sedemikian banyaknya berita tentang kanker payudara ini, sehingga seakan semua harapan runtuh saat terdiagnosa. Hal inilah yang menyebabkan kanker payudara dijuluki sebagai pembunuh perempuan nomer satu di dunia.

Hingga kini tidak ada satupun hal khusus yang dapat menjadi penyebab terjadinya kanker payudara, tidak ada faktor tunggal yang dapat didaulat sebagai penyebab utamanya. Walaupun beberapa faktor resiko telah diketengahkan oleh para ahli seperti riwayat kanker payudara di keluarga, belum pernah hamil, menstruasi awal, menopause terlambat, obesitas, pemakaian kontrasepsi hormonal, makanan  berlemak dan lainnya.

Sebagai suatu hal yang tidak dapat diprediksi dan dicegah secara total, maka yang dapat dilakukan adalah mengurangi atau meniadakan faktor resiko yang memungkinkan untuk dilakukan. Misalnya, makan makanan 4 sehat 5 sempurna, memastikan indeks masa tubuh kurang dari 25, tidur cukup dan berkualitas, menghindari polusi serta selalu berpikir positif, dan melakukan olahraga teratur 5 kali dalam seminggu selama 30 menit hingga 60 menit.

Manfaat olahraga untuk penyakit kanker yang pertama adalah olahraga meningkatkan sirkulasi oksigen dan juga membantu melepaskan hormon endorphin dalam tubuh. Untuk penderita kanker, hormon ini berperan penting untuk mengurangi rasa sakit serta efek samping dari proses pengobatan. Berlahraga bisa mengurangi kadar hormon estrogen, testosteron, dan insulin. Sedangkan penurunan risiko kanker payudara disebabkan oleh hormon.

Dari semua hal yang disarankan, pengecekan payudara secara teratur merupakan hal yang terpenting. Tindakan ini tentu saja tidak dapat mencegah kanker payudara, namun dapat mendeteksinya pada stadium awal. Sadari adalah suatu tindakan pemeriksaan payudara yang rutin, sederhana dan dapat dilakukan oleh kita kapanpun dan dimanapun. Dilakukan sekitar 7 hingga 10 hari setelah hari pertama haid atau pada tanggal yang sama setiap bulan.

Sosialisasi SADARI AHCC

Sadari merupakan metode deteksi kanker yang cukup efektif. Selain itu, pemeriksaan penunjang regular seperti USG dan Mamografi juga sebaiknya dilaksanakan. Mamografi disarankan untuk diperiksa secara berkala bagi wanita yang telah mencapai usia 40 tahun. Pemeriksaan ini tidak memerlukan puasa dan dapat dilakukan 7-10 hari setelah hari pertama haid.

Di saat pencegahan semua faktor resiko terlihat sulit, maka peranan deteksi dini amatlah penting. Kanker payudara memang sulit dicegah, namun jelas dapat diobati. Pengobatan yang bersifat individual dan menyeluruh adalah jawaban untuk pasien. Berpikirlah optimis dan selalu berdoa seiring dengan pengobatan yang dijalani. Karena sesulit apapun, harapan akan selalu ada.

Hal ini lah yang mengerakkan Can Care dan Adi Husada Cancer Center (AHCC) di bulan Oktober yang merupakan bulan peduli kanker payudara international (Breast Cancer Awareness) bekerja sama dengan Komunitas Olahraga FitBuddy Surabaya mengadakan kegiatan dengan tema “BREAST CANCER AWARENESS With ZUMBA PARTY”  yang diadakan di East Atrium Grand City, hari sabtu, tanggal 17 Oktober 2020, pukul 2 siang sampai selesai.

“Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah agar masyarakat umum dapat mengetahui faktor-faktor penyebab kanker payudara, pencegahan dan bagaimana cara pemeriksaan dini lewat SADARI (Periksa Payudara Sendiri) dan Mammographi. selain itu kegiatan ini sebagai bentuk dukungan kepada para penyandang dan penyintas kanker payudara. Pada Kesempatan ini juga  AHCC membagi-bagikan Voucher Discount Mammographi sebesar 50%, dengan harapan masyarakat lebih aware dengan pentingnya  mendeteksi adanya gejala kanker dan tumor sejak dini” ujar Luluk Widyasari selaku Marketing Manager AHCC.

Zumba Party AHCC

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *