logo-header

Pentingnya Peran Pengobatan Radioterapi dalam Pengobatan Kanker


Mendengar kata penyakit kanker, mungkin akan membuat siapa saja terkejut. Bagaimana tidak, penyakit ini apabila dibiarkan dan Anda menyepelekannya sehingga tidak mendapatkan perhatian khusus, akan berbahaya. Mulai dari menjalarnya sel ke bagian tubuh lain yang membuat daya tahan tubuh semakin menurun hingga dampak paling fatal adalah kematian. Akan tetapi, pertumbuhan kanker bisa dicegah dan dapat diobati dengan melakukan pengobatan radioterapi.

 

Pada dasarnya, pengobatan radioterapi menggunakan sebuah peralatan medis seperti pancaran cahaya tingkat tinggi (x-ray) untuk menghancurkan sel-sel kanker berbahaya dalam tubuh. Mengapa pengobatan ini penting untuk penyakit kanker? Berikut ulasannya.

Jenis radioterapi

Dalam dunia medis, ada dua jenis pengobatan radioterapi untuk mengobati penyakit kanker, yakni radioterapi internal dan radioterapi ekternal. Di bawah ini penjelasan singkat mengenai keduanya:

  • Radioterapi internal adalah pengobatan dengan cara memasukkan sumber radioaktif ke dalam tubuh. Tujuannya untuk menghancurkan sel-sel kanker secara langsung agar tidak menjalar. Pengobatan ini juga disebut dengan brachytherapy.
  • Sementara itu, radioterapi eksternal ialah yang paling umum digunakan, yakni menggunakan mesin dengan memancarkan sinar radiasi (x-ray) berintensitas cahaya tinggi. Radiasi ini akan diarahkan ke bagian tubuh yang terkena kanker tersebut. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena meski memiliki intensitas cahaya tinggi, Anda tidak akan merasa sakit maupun kepanasan selama proses pengobatan berlangsung.

Manfaat radioterapi

Pengobatan radioterapi memberikan manfaat yang sangat besar bagi pasien penderita kanker. Dengan adanya radioterapi, penyakit kanker yang masih dalam tahap (stadium) awal bisa dicegah agar tidak semakin parah. Berikut beberapa manfaat utama dari pengobatan radioterapi untuk kanker yang perlu Anda ketahui

  • Mencegah penyakit kanker agar tidak menjalar ke bagian lain

Penyakit kanker bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya bila dibiarkan. Sel-sel kanker akan cepat menyebar bahkan terkadang tidak bisa diprediksi sebelumnya ketika dilakukan pemindaian menggunakan peralatan medis. Pengobatan radioterapi bisa dilakukan pada daerah di mana kanker menyebar untuk membunuh sel-sel kanker berbahaya agar tidak menjadi tumor ganas. Sebagai contohnya adalah kanker paru-paru, bagian tubuh lain yang mendapatkan radiasi adalah bagian kepala. Hal ini karena kanker paru-paru bisa menyebar ke otak bila tidak ditangani.

  • Mengobati gejala lain yang disebabkan kanker stadium lanjut

Penyakit kanker yang sudah menjalar ke tubuh seseorang akan sulit untuk disembuhkan bila tidak mendapatkan penanganan khusus. Adanya pengobatan radioterapi setidaknya mampu meringankan dampak dan gejala lain yang disebabkan oleh kanker stadium lanjut. Contohnya adalah gejala seperti kesulitan menelan, bernapas, dan penyumbatan usus. Pengobatan radioterapi ini dalam istilah medisnya disebut dengan palliative radiation.

  • Sebagai treatment penanganan selanjutnya

Manfaat selanjutnya dari pengobatan radioterapi dalam penanganan kanker juga berguna sebagai treatment. Treatment radioterapi menggunakan metode canggih salah satunya adalah Image Guided Radiation Therapy (IGRT). IGRT memungkinkan dosis radiasi sesuai lebih tinggi yang difokuskan ke daerah dalam tumor. Dengan demikian dapat menunjukkan potensi signifikan meningkatkan rasio terpeutik lebih lanjut dan mengurangi toksisitas. Terapi radiasi idealnya diberikan 5 hari seminggu, dan untuk seluruh pengobatan bisa bervariasi mulai dari satu minggu hingga tujuh minggu tergantung jenis kanker.

Demikian ulasan mengenai pentingnya peran pengobatan radioterapi untuk penyakit kanker. Semoga bermanfaat dan selalu jaga pola hidup sehat untuk terhindar dari penyakit kanker.

OTHER NEWS & ARTICLES