fbpx

KAMI ADA UNTUK MEMBANTU ANDA

  1. Home
  2.  » 
  3. Berita
  4.  » Mengenal Kanker Ginjal, dari Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

Mengenal Kanker Ginjal, dari Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

oleh | 23 Desember 2019 | Berita

Publik beberapa waktu lalu dikagetkan berita mengenai penyanyi berbakat Indonesia, Vidi Aldiano yang terkena kanker ginjal. Setelah beberapa kali berobat ke Singapura, pada tanggal 13 Desember 2019 Vidi Aldiano melakukan operasi pengangkatan kanker ginjal. Walaupun Vidi Aldiano tidak menjelaskan bagaimana kondisi tubuh dan besarnya tahapan kanker ginjal yang dialami, kita tentu bisa belajar dari peristiwa Vidi Aldiano tersebut.

Di dalam artikel kali ini akan dicoba mengenalkan kanker ginjal, mulai dari gejala kanker ginjal, pengobatan yang bisa dilakukan, sampai bagaimana pencegahannya. Simak di sini ya.

Gejala kanker ginjal

Kanker ginjal tidak seperti kanker yang terlihat dari luar seperti kanker kulit atau kanker tenggorokan. Tetapi Anda bisa merasakan beberapa gejala yang aneh di dalam tubuh, antara lain:

  • Lemah, letih, lesuKondisi pertama gejala kanker ginjal adalah lemah, letih, dan lesu. Kondisi ini memang tidak langsung menunjukkan bahwa Anda sedang mengidap kanker ginjal, tetapi ini bisa menjadi sinyal awal untuk Anda agar waspada. Jika Anda tiba-tiba mengalami kelelahan, coba istirahat yang cukup dan mengonsumsi makanan sehat, setelah itu imbangi dengan olahraga. Jika tidak membaik, coba periksakan ke dokter terdekat.
  • Nyeri punggungNyeri punggung biasanya terjadi karena ada saraf di bagian punggung yang terjepit. Kanker ginjal yang sudah memasuki stadium II akan mulai menekan bagian punggung. Biasanya orang akan menganggap remeh dengan mengira nyeri punggung ini akibat dari kurang minum air putih atau terlalu banyak duduk. Jika nyeri punggung terus menerus terjadi, Anda bisa segera mengambil tindakan dengan menemui dokter.
  • Urine berwarna merah seperti darahJika Anda mengalami 2 kejadian di atas dan ditambah urine Anda ternyata berwarna merah, Anda harus waspada karena kemungkinan besar Anda terkena kanker ginjal. Urine yang berwarna merah seperti darah menandakan bahwa kanker ginjal sudah memasuki stadium II ke atas.

Baca Juga: Konsultasi Onkologi untuk Pasien Kanker, Bagaimana Prosedurnya?

Pengobatan 

Setelah Anda melakukan diagnosis tes darah, CT Scan, atau MRI untuk melihat kondisi kanker ginjal, Anda harus segera melakukan beberapa pengobatan. Ada 2 jenis pengobatan kanker ginjal, pertama adalah operasi dan tindakan non bedah. Untuk operasi biasanya dilakukan jika kesehatan pasien memungkinkan dan jenis kanker bisa diangkat.

Operasi kanker ginjal juga terbagi menjadi 2, pertama nephrectomy mengangkat ginjal secara keseluruhan yang terkena kanker. Kedua nephrectomy parsial yaitu menghapus tumor dalam bentuk yang kecil.

Kemudian tindakan non bedah dilakukan jika kanker ginjal didiagnosa dalam stadium dini. Biasanya tindakan non bedah dilakukan dengan cara pembekuan sel kanker atau pemanasan. Tindakan non bedah ini harus dilakukan beberapa kali untuk memastikan sel kanker benar-benar hilang.

Pencegahan

Sebenarnya secara spesifik tidak ada hal yang baru untuk pencegahan kanker. Pertama Anda harus mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Bangun lebih pagi, berolahraga, dan makan lebih banyak sayuran. Kemudian hentikan kebiasaan merokok dan minum minuman keras.

Sebagai tips tambahan, lakukan checkup setidaknya setahun 2 kali. Pilih dokter atau rumah sakit yang memberikan pelayanan maksimal.

Itulah beberapa penjelasan mengenai kanker ginjal. Pembelajaran dari kasus Vidi Aldiano ini bisa dilihat dari sisi positif agar kita semua bisa lebih aware dan tidak menganggap remeh tentang penyakit kanker. Semoga kita semua sehat ya.

0 Komentar

Trackbacks/Pingbacks

  1. Penyebab Kanker Ginjal, dari Merokok sampai Infeksi Hepatitis - AHCC - […] Baca Juga:¬†Mengenal Kanker Ginjal, dari Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan […]

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *