logo-header

Wajib Tahu, Ini 5 Jenis dan Gejala Kanker Kulit yang Beragam


Kasus kanker kulit di Indonesia memang tidak seumum kanker lainnya seperti kanker payudara atau kanker paru. Meski demikian, kanker kulit juga tidak kalah berbahayanya. Mengingat kanker kulit ini dapat mengancam keselamatan nyawa seseorang. Setidaknya ada empat jenis dan gejala kanker kulit yang perlu Anda ketahui berikut ini.

 

Kanker Kulit Melanoma

Gejala kanker kulit melanoma jarang terjadi apabila dibandingkan kanker kulit lainnya. Meskipun begitu, kanker kulit ini bisa tumbuh dan menyebar sehingga dampaknya bisa fatal apabila tidak segera ditangani dengan baik. Kanker kulit melanoma dapat menyerang bagian melanosit atau sel penghasil pigmen kulit.

 

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab gejala kanker kulit ini. Salah satunya adalah perubahan gen di dalam sel kulit yang dapat menjadi melanoma. Melanoma terjadi pada bagian kulit yang mendapatkan paparan langsung dari sinar matahari.

 

Kaposi Sarcoma

Jenis kanker kulit selanjutnya adalah kaposi sarcoma. Gejala kanker kulit berkembang dari jaringan pembuluh darah maupun pembuluh limfa. Keberadaan penyakit ini tumbuh pada bagian bawah kulit, sepanjang mulut, hidung, maupun tenggorokan. Gejala utama dari kaposi sarcoma ditandai dengan adanya ruam kecil berbintik merah keunguan. Ruam tersebut muncul pada kaki bagian bawah.

 

Kaposi sarcoma dapat disebabkan karena adanya virus herpes yang ditularkan ketika berhubungan seksual maupun kontak non seksual. Orang yang mengidap penyakit AIDS pun rentan terhadap penyakit ini karena menurunnya sistem imun tubuh. oleh karena itu, penyakit kaposi sarcoma lebih banyak dialami oleh pria dibanding wanita.

 

Kanker Kulit Sel Merkel

Walaupun jarang terjadi, gejala kanker kulit sel merkel adalah salah satu yang paling berbahaya. Hal ini karena kanker kulit sel merkel dapat tumbuh dengan cepat dan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Pertumbuhannya memang cenderung kecil dan tidak memiliki rasa sakit. Selain itu juga muncul ruam berwarna merah, ungu, maupun merah muda. Gejala kanker ini berkembang pada area wajah, leher maupun lengan.

 

Kanker Kulit Karsinoma Sel Basal

Gejala kanker kulit ini memang paling umum terjadi. Meski tumbuhnya lambat, kanker kulit jenis ini tidak bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya. Gejala awal yang muncul dari penyakit kanker ini adalah munculnya benjolan seperti mutiara kecil dan tmpak seperti jerawat. Pada kasus lain, kanker ini terlihat seperti tahi lalat berwarna merah muda dan sedikit bersisik. Gejala kanker ini dapat tumbuh pada bagian tubuh mana saja. Akan tetapi kerap muncul pada bagian kulit wajah, leher, maupun telinga.

 

Itulah beberapa jenis dan gejala kanker kulit yang perlu untuk Anda ketahui. Kanker kulit memang penyakit berbahaya, namun Anda bisa mencegahnya sedini mungkin dengan menjaga pola hidup sehat dan paparan sinar matahari secara langsung. Apabila mengalami gejala lanjutan, Anda bisa menghubungi ahli onkologi yang sudah ahli di bidangnya agar segera tertangani dengn baik. Semoga bermanfaat!

OTHER NEWS & ARTICLES