fbpx

KAMI ADA UNTUK MEMBANTU ANDA

  1. Home
  2.  » 
  3. Artikel
  4.  » Waspada Sariawan yang Tidak Kunjung Sembuh, Bisa Berujung Kanker Mulut

Waspada Sariawan yang Tidak Kunjung Sembuh, Bisa Berujung Kanker Mulut

21 Desember 2020 | Artikel

Setiap orang pasti pernah merasakan sariawan, yaitu kondisi ketika bibir atau di dalam mulut terjadi luka atau peradangan. Sariawan memang bisa sembuh dengan sendirinya, kurang dari satu minggu. Tetapi jika Anda merasakan sariawan lebih dari satu minggu, itu Anda harus waspada, karena bisa jadi itu adalah gejala awal munculnya kanker mulut atau bahkan kanker tenggorokan.

Dalam artikel kali ini, akan membahas bagaimana bahaya ketika Anda mengalami sariawan yang tidak kunjung sembuh. Bagaimana cara mengatasinya, ciri-ciri kanker mulut, dan apa tindakan yang harus Anda lakukan ketika Anda didiagnosis mengalami kanker mulut. Simak beberapa penjelasannya di bawah ini ya.

Mengapa bisa muncul kanker mulut?

Kanker mulut adalah kanker yang terjadi pada sekitar dinding mulut, bibir, lidah, gusi, tenggorokan, dan jaringan kelenjar ludah. Kanker mulut terjadi karena terdapat pertumbuhan tidak normal di dalam mulut. Salah satu hal yang paling mengkhawatirkan dari kanker mulut adalah jenis selnya sangat mudah sekali menyebar. Ini disebabkan kanker mulut akan menyerang karsinoma sel skuamosa yang meningkatkan kecenderungan menyebar lebih cepat.

Setelah itu gejala kanker mulut ini biasanya tidak ketara dan mungkin hampir sama dengan penyakit “yang mudah sembuh” pada umumnya. Seperti sariawan, sulit menelan, atau nyeri pada mulut. Padahal ketika Anda meremehkan gejala kanker mulut, itu akan menjadi sinyal bahaya karena setelah stadium lanjut kanker mulut bisa menyebabkan kematian.

Gejala kanker mulut 

Sekarang akan dibahas apa saja gejala kanker mulut yang biasanya muncul di awal-awal stadium.

  • Sariawan

Seperti dijelaskan di awal, salah satu gejala yang sangat sering muncul dari kanker mulut adalah sariawan. Padahal sariawan adalah penyakit yang sangat umum dialami dan mudah sembuh dalam jangka waktu 3-4 hari. Hal yang paling membahayakan dari sariawan adalah ketika tidak kunjung sembuh dan malah membesar. Hampir semua kejadian kanker mulut ini diawali oleh sariawan yang tidak kunjung sembuh dan akhirnya sudah menyebar ke jaringan yang lain.

Jadi ketika Anda sudah merasakan sariawan lebih dari 1 minggu, segera periksakan ke dokter dan langsung konsultasi ke dokter penyakit dalam atau spesialis bedah mulut untuk melihat apakah ada gejala yang mengarah ke kanker mulut atau tidak.

  • Benjolan pada mulut

Selanjutnya adalah Anda harus mewaspadai benjolan yang ada pada mulut. Benjolan ini berbeda dengan sariawan, karena biasanya tidak sakit atau nyeri. Walaupun begitu, Anda harus waspada ketika benjolan tersebut tidak kunjung hilang dalam waktu yang lama.

  • Nyeri pada mulut atau rahang

Selanjutnya adalah nyeri pada mulut atau rahang. Nyeri pada mulut ini biasanya muncul ketika sel kanker sudah menyebar dan mengakibatkan seluruh mulut terasa nyeri. Begitu pula pada rahang, nyeri akan terasa seperti sakit gigi.

  • Sulit menelan atau berbicara

Ketika Anda sudah mulai sulit menelan atau berbicara, itu tandanya kanker mulut sudah berada pada stadium lanjut atau kanker mulut muncul pada bagian tenggorokan. Ini tandanya Anda harus konsultasi kepada dokter untuk melakukan pengecekan.

Kanker mulut memang sangat berbahaya, karena data dari WHO setengah dari pasien kanker mulut ini berujung kematian. Untuk mengantisipasi hal tersebut, mengetahui gejala kanker mulut sejak dini akan menurunkan risiko tersebut.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *