fbpx

KAMI ADA UNTUK MEMBANTU ANDA

  1. Home
  2.  » 
  3. Artikel
  4.  » Vaksin Kanker Serviks, Cara Ampuh Cegah Kanker

Vaksin Kanker Serviks, Cara Ampuh Cegah Kanker

oleh | 10 Januari 2022 | Artikel

Kanker serviks merupakan salah satu penyakit yang cukup diwaspadai oleh kaum perempuan. Hal ini dikarenakan kanker serviks merupakan salah satu jenis kanker dengan jumlah pengidap tertinggi di dunia. Bahkan kanker serviks menjadi jenis kanker dengan jumlah penderita terbanyak ke-2 di Indonesia.

Mengenal Kanker Serviks

Kanker serviks adalah jenis kanker yang tumbuh pada sel-sel di dalam rahim. Umumnya, kanker ini disebabkan oleh virus human papillomavirus (HPV). Penularannya dapat terjadi melalui hubungan seksual. Terutama dalam hubungan seks yang berisiko seperti sering berganti pasangan maupun seks tanpa penggunaan pengaman.

HPV sendiri bukan hanya bisa menimbulkan penyakit kanker serviks, namun juga berbagai penyakit lainnya. Penularan virus ini dapat dicegah dengan pemberian vaksin HPV atau juga dikenal dengan vaksin kanker serviks.

Jenis Vaksin Kanker Serviks

Ada banyak varian virus HPV, dan beberapa di antaranya dapat menyebabkan kanker serviks. Oleh karena itu, vaksin kanker serviks juga tersedia dalam beberapa jenis, sesuai dengan perlindungan terhadap varian virus HPV.

Berikut adalah beberapa jenis vaksin yang dapat digunakan untuk mencegah kanker serviks:

Vaksin Cervarix

  • Mencegah infeksi HPV-16 dan HPV-18.
  • Vaksin dapat diberikan kepada perempuan berusia 9–25 tahun.

Vaksin Gardasil

  • Mencegah infeksi HPV-16 dan HPV-18, HPV-6 dan HPV-11.
  • Vaksin dapat diberikan pada pria maupun wanita usia 9–26 tahun.

Vaksin Gardasil 9

  • Mencegah infeksi HPV-31, HPV-33, HPV-45, HPV-52, dan HPV-58.
  • Vaksin dapat diberikan pada pria maupun wanita usia 9–45 tahun.

 

Cara Lain Pencegahan Kanker Serviks

Selain dengan vaksin HPV, ada cara pencegahan lain yang bisa dilakukan untuk mengurangi resiko munculnya kanker seviks. Seperti berhubungan seks aman dengan tidak bergonta-ganti pasangan, menggunakan kondom, tidak merokok, dan juga rutin menjalani pap smear untuk memantau kondisi serviks.

Kanker serviks sendiri merupakan jenis kanker yang baru memunculkan gejala ketika tumor sudah terbentuk. Oleh karena itu, melakukan kontrol rutin terhadap kondisi serviks merupakan hal yang disarankan.

Jika Anda ingin melakukan vaksin HPV atau skrinning pap smear dan tindakan lainnya terkait kanker serviks, silahkan kunjungi AHCC (Adi Husada Cancer Center), Surabaya. AHCC merupakan pusat layanan kanker terintegrasi swasta pertama di Indonesia Timur yang memiliki tenaga medis handal dan aneka peralatan medis berstandar internasional. Informasi lebih lanjut silahkan hubungi WA: 0822-8888-9300.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *