fbpx

KAMI ADA UNTUK MEMBANTU ANDA

  1. Home
  2.  » 
  3. Artikel
  4.  » Penyebab Kanker Ginjal, dari Merokok sampai Infeksi Hepatitis

Penyebab Kanker Ginjal, dari Merokok sampai Infeksi Hepatitis

10 September 2020 | Artikel

Beberapa waktu yang lalu Indonesia dihebohkan oleh kasus kanker ginjal yang dialami oleh artis Vidi Aldiano. Kanker ginjal memang memiliki karakteristik yang unik, karena gejala yang dialami ini sangat mengganggu dan tidak dapat dikategorikan sederhana. Jadi hampir semua penderita kanker ginjal pasti merasakan gejala yang sangat dini. Bisa dibilang, kanker ginjal ini bisa terdeteksi lebih awal.

Baca Juga: Mengenal Kanker Ginjal, dari Gejala, Pengobatan, dan Pencegahan

Kita sempat membahas bagaimana sebenarnya gejala, diagnosa, dan cara pencegahannya. Sekarang kita akan coba membahas bagaimana sih sebenarnya penyebab dari kanker ginjal. Apakah dari orang yang sering merokok? Atau orang yang pernah terkena hepatitis menjadi rentan terkena kanker ginjal?

Kenapa bisa muncul kanker ginjal?

Salah satu pertanyaan terbesar dari penyakit kanker ginjal adalah mengapa bisa muncul dan apa sebabnya? Hampir semua penyakit kanker disebabkan karena sel jahat yang pada akhirnya tidak bisa dihancurkan oleh imun tubuh dan mengakibatkan munculnya sel kanker. Sel jahat ini terkadang muncul tanpa sebab, seperti yang ada pada kanker tiroid yang terjadi karena kelenjar tiroid berkembang terlalu banyak secara tiba-tiba.

Walaupun begitu, beberapa dokter dan peneliti terus mencari tahu bagaimana sel kanker ini muncul. Untuk kanker ginjal sendiri, studi dari Connie Henke Yarbro di buku Cancer Symptom Management menyebutkan bahwa kanker ginjal muncul karena 3 risiko, yaitu merokok, obesitas, dan hipertensi.

  • Merokok

Tentu Anda semua tahu bahwa kandungan di dalam rokok sangat berbahaya jika dihirup dan bisa mengakibatkan kanker. Kandungan di dalam rokok bisa membuat protein di dalam tubuh yang bertugas untuk menghancurkan sel kanker ini lemah dan bisa membuat persentase terkena kanker menjadi sangat tinggi. Tidak hanya kanker ginjal, perokok bisa terkena kanker paru-paru, usus, otak, dan kanker lain.

Penelitian lain dari National Cancer Institute Amerika Serikat mengatakan bahwa perokok mendapatkan risiko 3 kali lipat terkena kanker ginjal daripada non perokok.

  • Obesitas

Data dari Cancer Research UK menunjukkan bahwa ada 24% pasien kanker ginjal ini mengalami kelebihan berat badan alias mengalami obesitas. Salah satu alasan kenapa obesitas ini dapat memicu resistensi insulin yang mengakibatkan sel bisa membelah lebih cepat. 

  • Hipertensi

Faktor penyebab risiko kanker ginjal selanjutnya adalah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Studi dari Jepang mengatakan bahwa pasien kanker ginjal sangat erat hubungannya dengan hipertensi. Bahkan Vidi Aldiano sebelum didiagnosis terkena kanker ginjal sebelumnya terkena hipertensi. Ketika tekanan darah naik, sistem kerja organ tubuh akan meningkat dan jika ada salah satu organ tubuh yang lemah, maka itu akan membuat sistem kerja tubuh menjadi berantakan.

Ketiga risiko di atas memang tidak sertamerta menjadi faktor utama penyebab kanker ginjal. Ada faktor perubahan genetik yang juga bisa menyebabkan kanker ginjal. Oleh karena itu Anda harus mewaspadai dan aware terhadap gejala kanker ginjal.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.