fbpx

KAMI ADA UNTUK MEMBANTU ANDA

  1. Home
  2.  » 
  3. Artikel
  4.  » Pentingnya Kesadaran Meningkatkan Perlindungan atas Kanker Payudara

Pentingnya Kesadaran Meningkatkan Perlindungan atas Kanker Payudara

oleh | 28 Agustus 2023 | Artikel

Kanker payudara merupakan salah satu ancaman kesehatan global yang tidak boleh diabaikan. Di hampir sebagian besar negara di dunia, jenis kanker satu ini tercatat selalu berada di urutan atas sebagai penyebab kematian wanita, selain kanker serviks. Dikutip dari website resmi WHO, data menunjukkan ada sekitar 2,3 juta kasus kanker payudara yang terjadi setiap tahunnya. Menjadikan kanker ini sebagai kanker yang paling umum diderita di kalangan dewasa.

Kesadaran akan pentingnya pendeteksian dini, perawatan tepat, dan pemahaman mengenai efek samping yang mungkin terjadi selama perawatan kanker payudara sangatlah krusial. Artikel ini bertujuan untuk menggali dampak keparahan kanker payudara, mengedukasi tentang perawatan yang tersedia, dan mendorong peningkatan kesadaran akan pentingnya deteksi dini serta perawatan yang tepat.

Dampak Keparahan Kanker Payudara

Kanker ini dapat memiliki dampak yang signifikan pada kehidupan individu dan keluarga serta orang-orang di sekitarnya. Dari segi fisik, kanker payudara dapat menyebabkan ketidaknyamanan, perubahan bentuk tubuh, dan bahkan mengancam nyawa. Selain itu, dampak emosional dari diagnosisnya juga dapat sangat mengganggu, termasuk kecemasan, depresi, dan stres psikologis. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk memahami bahwa kanker payudara bukan hanya masalah kesehatan fisik, tetapi juga masalah kesehatan mental dan emosional.

Perawatan Kanker dan Efek Sampingnya

Perawatan kanker payudara melibatkan berbagai pendekatan, tergantung pada jenis dan stadium kanker. Pilihan perawatan umum meliputi pembedahan, radioterapi, kemoterapi, terapi target, dan terapi hormon. Meskipun perawatan ini bertujuan untuk mengatasi kanker, mereka juga dapat memiliki efek samping yang perlu dipahami:

  • Efek Fisik, seperti lelah, mual, muntah, kerontokan rambut, hingga rasa sakit pada tubuh akibat kanker ini dapat sangat mengganggu kualitas hidup pasien.
  • Perubahan Psikologis, pasien juga sangat mungkin mengalami stres, kecemasan, dan perasaan sedih yang berlebih selama perawatan dan pemulihan.
  • Dampak Sosial dan Emosional, kanker payudara juga dapat berdampak pada hubungan sosial dan menimbulkan perasaan rendah diri, menyebabkan pasien mengisolasi diri dari interaksi dengan kehidupan sosialnya.
  • Pengaruh Kesehatan Reproduksi, beberapa jenis perawatan dapat memengaruhi kesuburan dan kesehatan reproduksi pasien.

Deteksi Dini Adalah Kunci

Untuk mengatasi dampak keparahan kanker payudara dan mengurangi risiko efek samping yang parah, deteksi dini adalah kunci utama. Pemeriksaan rutin, seperti mamografi dan pemeriksaan payudara sendiri, dapat membantu mendeteksi perubahan abnormal pada payudara sejak dini. Semakin awal terdeteksi, semakin tinggi peluang untuk perawatan yang efektif dan pemulihan yang lebih baik.

Penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya deteksi dini dan pilihan perawatan yang tepat. Kampanye edukasi dan informasi yang mudah diakses dapat membantu menghilangkan stigma dan ketakutan yang sering terkait dengan penyakit ini. Melalui pendidikan, masyarakat dapat memahami betapa pentingnya pemeriksaan rutin dan bagaimana cara mendukung individu yang menghadapi penyakit ini.

Jangan ragu menghubungi Adi Husada Cancer Center (AHCC) Surabaya untuk melakukan pemeriksaan rutin sebagai upaya deteksi dini kanker payudara. Sebagai rumah sakit onkologi yang tergabung dalam jaringan Integrated Oncology Centres (IOC) Asia, AHCC menghadirkan layanan Breast Care yang terintegrasi mulai dari skrining/pemeriksaan, penegakan diagnosa, terapi/pengobatan hingga layanan pasca terapi sesuai standar internasional yang diberlakukan ke seluruh anggota IOC. Didukung oleh dokter spesialis onkologi dan tenaga medis ahli serta berpengalaman, AHCC siap memberikan layanan dengan lebih aman dan nyaman dalam satu pintu. Hubungi kami melalui kontak whatsapp di 0851-7422-6922 atau email ke info@ahcc.co.id untuk informasi selengkapnya.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *