fbpx

KAMI ADA UNTUK MEMBANTU ANDA

  1. Home
  2.  » 
  3. Artikel
  4.  » Meningkatkan Kualitas Hidup Pasien Kanker Serviks

Meningkatkan Kualitas Hidup Pasien Kanker Serviks

oleh | 29 Mei 2023 | Artikel

Kanker serviks masih menjadi salah satu jenis kanker yang menakutkan bagi wanita. Pasalnya angka kematian akibat kanker satu ini masih tergolong tinggi. Mengutip dari Katadata, berdasarkan data WHO di tahun 2020 tercatat ada sekitar 36 ribuan kasus kanker serviks di Indonesia. Angka kematian yang terjadi akibat kanker serviks di tahun yang sama mencapai 21.003 kasus, atau sekitar 9% dari total kasus keseluruhan.

Penyakit ini dapat memiliki dampak signifikan terhadap kualitas hidup pasien. Namun dengan adanya kemajuan dalam bidang medis dan dukungan yang memadai, peningkatan kualitas hidup bagi pasien kanker serviks dapat dicapai.

Perawatan Medis yang Terpadu

Perawatan medis terpadu adalah komponen utama dalam meningkatkan kualitas hidup pasien kanker serviks. Hal ini melibatkan tim medis multidisiplin yang terdiri dari dokter ahli bedah, onkologi radiasi, onkologi medis, dan perawat spesialis. Pendekatan ini akan memastikan pasien mendapatkan perawatan yang komprehensif dan terkoordinasi.

Beberapa perawatan yang termasuk ke dalamnya antara lain:

  • Operasi Pembedahan
    Biasanya akan disarankan oleh dokter setelah menganalisa kondisi kanker dan pasien secara menyeluruh. Ada beberapa metode pembedahan yang umumnya dilakukan dalam menangani kanker serviks yaitu trakelektomi radikal, histerektomi total, histerektomi radikal, hingga eksenterasi panggul.
  • Kemoterapi
    Merupakan metode perawatan yang umum dilakukan untuk menangani segala jenis kanker, termasuk kanker serviks. Kemoterapi dilakukan dengan tujuan membunuh sel-sel kanker sekaligus mengurangi kemungkinan rusaknya sel sehat lainnya. Kemoterapi dilakukan menggunakan obat-obatan khusus yang dimasukkan ke dalam tubuh.
  • Radioterapi
    Pada stadium tertentu, dokter biasanya juga akan merekomendasikan penggunaan terapi radiasi untuk pengobatan kanker. Metode ini memanfaatkan radiasi sinar-X berenergi tinggi untuk menghancurkan sel-sel kanker yang ada di dalam tubuh. Radioterapi dapat dilakukan sebagai langkah pengobatan tunggal, atau dikombinasikan dengan prosedur pengobatan lainnya.
  • Terapi Target
    Pada pengobatan kanker serviks, metode ini dilakukan untuk menghalangi perkembangan pembuluh darah baru yang dapat membantu sel tumor berkembang juga. Metode ini biasanya dikombinasikan dengan kemoterapi.

Seluruh perawatan medis yang disebutkan di atas dapat Anda lakukan di Adi Husada Cancer Center (AHCC) Surabaya. Sebagai salah satu pusat perawatan kanker terbaik di Jawa Timur, AHCC selain didukung oleh dokter dan tenaga medis berpengalaman, juga memiliki fasilitas dan teknologi terkini untuk membantu perjuangan melawan kanker.

Dukungan Emosional dan Psikologis bagi Pasien Kanker Serviks

Dukungan emosional dan psikologis sangat penting dalam menghadapi tantangan yang ditimbulkan oleh kanker serviks. Pasien perlu memiliki akses ke dukungan psikologis dan support group yang dapat memahami pengalaman dan perjuangan mereka melawan kanker.

Melalui terapi individu atau kelompok, pasien dapat belajar mengelola stres, kecemasan, dan depresi yang sering terkait dengan diagnosa dan perawatan kanker. Dukungan keluarga dan teman-teman juga penting dalam memberikan lingkungan yang positif dan penuh dukungan.

Selain perawatan medis dan dukungan psikologis, memberikan edukasi baik ke pasien itu sendiri, maupun keluarga dan orang sekitarnya juga dapat berperan penting bagi kualitas hidup mereka. Pasien perlu diberikan informasi yang akurat dan jelas terkait penyakit yang mereka hadapi, prosedur pengobatan yang harus dijalani, serta perawatan jangka panjang dan tindak lanjut yang diperlukan.

Memahami kebutuhan ini, AHCC Surabaya juga melengkapi layanan pengobatan kanker dengan layanan konseling bersama psikolog profesional. Diharapkan dengan begitu terjadi peningkatan kualitas hidup pasien kanker serviks dan dapat menjalankan akitivitas sehari-hari dengan baik seperti orang sehat pada umumnya.

Adi Husada Cancer Center, sebagai salah satu rumah sakit perawatan kanker terbaik di Surabaya, menyediakan berbagai layanan terkait dengan kanker serviks ini. Mulai dari layanan pemeriksaan seperti pap-smear, tes HPV, kolposkopi, dan biopsi, layanan perawatan seperti operasi pembedahan, radioterapi, kemoterapi, terapi tertarget, dan imunoterapi, hingga layanan konsultasi psikologi selama proses perawatan dan setelahnya baik bagi pasien maupun keluarga. Hubungi kami melalui kontak whatsapp di 0851-7422-6922 atau email ke info@ahcc.co.id untuk informasi selengkapnya.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *