fbpx

KAMI ADA UNTUK MEMBANTU ANDA

  1. Home
  2.  » 
  3. Artikel
  4.  » Hal-hal yang Dapat Anda Lakukan Saat Terdiagnosa Kanker

Hal-hal yang Dapat Anda Lakukan Saat Terdiagnosa Kanker

oleh | 11 November 2020 | Artikel

Pada awalnya, kebanyakan orang membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri ketika menerima kenyataan bahwa mereka menderita kanker. Mereka membutuhkan waktu untuk berpikir tentang apa yang paling penting dalam kehidupan mereka hingga bagaimana mendapatkan dukungan dari orang terdekatnya. Ini adalah saat yang sulit secara emosional. Perasaan seperti tidak percaya, terkejut, takut, dan marah adalah hal yang wajar. Namun, hal ini kerap menjadikan pasien lebih sulit untuk memahami semua informasi medis yang diberikan oleh tim penanganan kanker. Padahal yang diperlukan pasien pada tahap awal menderita kanker adalah penyerapan informasi tentang kanker serta memahami diagnosis dan pilihan pengobatan kanker yang sesuai kebutuhan pasien dan keluarga.

Bagaimana Jika Anda Didiagnosa Kanker?

Setiap orang melakukannya dengan cara mereka masing-masing. Seiring berjalannya waktu,  kebanyakan orang akan menemukan cara baru atau sesuatu yang berbeda untuk menjalani aktifitas, pekerjaan, hobi, dan hubungan sosial mereka seperti biasa.

Berikut adalah beberapa aktifitas yang dapat dicoba ketika pasien kanker mengalami  permasalahan diatas :

Pelajari sebanyak mungkin tentang kanker dan perawatannya.

Beberapa orang membuktikan bahwa mempelajari kanker dan perawatannya memberikan rasa nyaman dan pengendalian emosi atas perubahan yang terjadi. Temukan pusat perawatan kanker terbaik dan komprehensif, terdekat dari rumah Anda, karena penanganan kanker pada dasarnya membutuhkan beberapa disiplin ilmu medis. Jadi pusat layanan kanker terpadu satu atap merupakan pilihan terbaik yang dapat Anda pertimbangkan.

Ungkapkan perasaan  Anda

Jauh lebih sulit untuk mengekspresikan emosi yang kuat daripada mencoba menyembunyikannya. Menyembunyikan perasaan juga dapat membuat situasi lebih sulit. Temukan cara yang sesuai dengan Anda. Anda bisa mencoba untuk berbicara dengan teman atau kerabat yang dipercaya. Anda juga bisa mencoba untuk ungkapkan perasaan melalui musik, melukis, menggambar, atau bahkan menyimpan catatan pada jurnal pribadi

Nikmati aktifitas sehari-hari.

Cobalah luangkan waktu untuk melakukan sesuatu yang Anda nikmati setiap hari. Luangkan waktu bersama teman atau orang yang Anda cintai, nonton film, dengarkan musik favorit Anda, atau lakukan hal lain yang benar-benar Anda nikmati.

Olahraga.

Jika Anda merasa dalam kondisi cukup baik untuk melakukannya, dan atas persetujuan dokter, mulailah program olahraga ringan seperti berjalan kaki, yoga, berenang, atau peregangan. Olahraga bisa membantu Anda merasa lebih baik.

Bersosialisasi.

Sangat sulit bagi seseorang untuk menghadapi kanker sendirian. Cobalah untuk memperluas lingkup sosial Anda dengan menghubungi teman, keluarga, komunitas atau organisasi pendukung. Mereka dapat membantu Anda untuk mereduksi kesendirian Anda. Mereka akan hadir untuk berbagi kecemasan, harapan, dan setiap momen kemenangan yang Anda lewati.

Cobalah untuk fokus pada apa yang dapat Anda kendalikan, bukan apa yang tidak bisa Anda lakukan.

Adalah normal untuk merasa sedih, stres, atau tidak yakin, dan bahkan berduka atas bagaimana hidup Anda telah berubah. Bila ini terjadi, mengekspresikan perasaan tersebut dapat membantu Anda merasa lebih terkendali daripada diliputi oleh perasaan emosi.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *