fbpx

KAMI ADA UNTUK MEMBANTU ANDA

  1. Home
  2.  » 
  3. Artikel
  4.  » Mengenal Stadium Pada Kanker, Apa yang Mempengaruhinya?

Mengenal Stadium Pada Kanker, Apa yang Mempengaruhinya?

13 Januari 2020 | Artikel

Mungkin Anda sering mendengar bagaimana penyakit kanker ini memiliki stadium atau stage. Semakin tinggi stadium yang dialami oleh penderita, berarti semakin parah. Begitu juga sebaliknya, jika penderita masih terjangkit kanker stadium 0 atau 1 itu berarti kanker masih kecil dan belum menyebar. Di balik informasi tingkatan setiap stadium, ternyata diagnosis stadium ini juga sangat mempengaruhi terhadap tindakan yang akan dilakukan oleh dokter onkologi.

Untuk membantu Anda memahami bagaimana sebenarnya tingkatan stadium pada kanker, kali ini akan dibahas apa saja stadium beserta detail setiap tingkatannya. Selain itu juga akan dibahas apa saja yang mempengaruhi tingkatan stadium.

Tingkatan stadium pada kanker

Sebelum masuk ke pokok bahasan, Anda harus tahu bahwa sejatinya stadium ini ditujukan kepada penderita kanker atau tumor ganas. Sedangkan untuk penderita tumor jinak tidak mengenal stadium, tetapi jika dibiarkan tumor jinak bisa menjadi ganas dan bisa naik stadium menjadi berbahaya. Sekarang simak tingkatan stadium pada kanker:

  • Stadium 0

Pada kanker stadium 0, sel kanker baru mulai tumbuh di tempat asalnya. Selain itu sel kanker juga belum menyebar ke jaringan atau organ tubuh lain. Kelebihan jika Anda mengetahui kanker stadium 0 adalah tingkat kesembuhan bisa sangat tinggi. Jika kanker stadium 0 berada di lokasi yang tidak sulit, dokter akan menyarankan untuk operasi atau radioterapi.

  • Stadium I

Kanker stadium 1 adalah sel kanker yang sudah mulai tumbuh tetapi berukuran sangat kecil, biasanya kanker stadium 1 bisa disebut sebagai kanker stadium awal. Hampir sama seperti kanker stadium 0, kanker stadium 1 hampir tidak memperlihatkan gejala. Untuk mengetahui apakah Anda terkena kanker stadium 1 atau tidak adalah dengan cara melihat tanda fisik, seperti kanker payudara apakah terjadi benjolan. Kanker stadium 1 ini bisa dilakukan penyembuhan secara operasi, radioterapi, ataupun kemoterapi.

  • Stadium II

Kemudian untuk kanker stadium II, perbedaannya adalah sel kanker tumbuh lebih besar daripada sebelumnya. Di kanker stadium II ini, sel kanker masih belum menyebar dan masih berada di posisi semula. Saat penderita mengalami kanker stadium II, ada kemungkinan besar kanker akan menyebar dan harus segera mengambil tindakan penyembuhan atau pencegahan.

  • Stadium III

Untuk kanker stadium III, sel kanker akan mulai menyebar ke dalam jaringan tubuh. Misalnya mulai menyerang sel saraf atau kelenjar getah bening. Pada intinya, penderita sel kanker stadium III ini penyebarannya hanya sebatas ke kelenjar getah bening atau otot di sekitar lokasi kanker dan belum menyebar ke organ tubuh lain.

  • Stadium IV

Kanker stadium IV atau stadium akhir ini, sel kanker sudah menyebar atau menyerang organ tubuh lain. Misalnya kanker payudara stadium IV, biasanya sudah langsung menyerang paru-paru, hati, atau bahkan lambung. Ketika sudah divonis kanker stadium IV, hal yang harus dilakukan adalah tindakan pencegahan, penghentian, atau memperlambat tumbuhnya kanker.

Di dunia medis, juga ada beberapa sebutan seperti Kanker Payudara Stadium 3A atau 3B. Perbedaannya adalah ukuran tumor dan tingkat penyebarannya. Ini juga berlaku di jenis kanker yang lain, tergantung ukuran dan tingkat keganasan.

Itulah kelima stadium tumor yang bisa Anda ketahui. Lebih dini Anda mengetahui kemungkinan terkena kanker stadium awal, tentu lebih bagus bagi Anda. Semoga mencerahkan.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *