fbpx

KAMI ADA UNTUK MEMBANTU ANDA

  1. Home
  2.  » 
  3. Artikel
  4.  » Jenis Kanker yang Harus Segera Dilakukan Tindakan Pembedahan

Jenis Kanker yang Harus Segera Dilakukan Tindakan Pembedahan

27 Januari 2021 | Artikel

Mungkin banyak di antara Anda yang pernah mendengar atau bahkan merasakan langsung bagaimana tindakan pembedahan langsung ketika mengidap penyakit kanker. Tindakan pembedahan atau operasi ini memang lazim dilakukan oleh dokter onkologi dalam rangka menghambat atau bahkan mengobati penyakit kanker tersebut.

Sebenarnya tindakan pembedahan ini mempunyai tujuan bermacam-macam. Ada yang untuk mengetahui jenis kanker atau biasa disebut biopsi, mengangkat sejumlah jaringan untuk menghambat laju pertumbuhan kanker, ataupun mengangkat seluruh jaringan. Di artikel kali ini kami akan mencoba membahas apa saja jenis kanker yang harus segera dilakukan tindakan pembedahan.

Baca Juga: Apa Itu Stem Cell dan Apa Fungsinya untuk Penyembuhan Kanker?

Berikut ini jenis-jenis kanker yang harus segela dilakukan tindakan pembedahan.

Kanker Paru Stadium 1

Ketika seseorang didiagnosis menderita penyakit kanker paru, biasanya dokter akan segera melakukan tindakan pencegahan. Jika stadium kanker masih berada di stadium 1, maka dokter biasanya akan menyarankan untuk melakukan tindakan pembedahan. Kanker paru stadium 1 ini penyebaran kanker masih belum besar dan hanya berada di salah satu sisi paru. Dokter akan melakukan tindakan pembedahan untuk mengangkat tumor dan beberapa jaringan sehat.

Tindakan pembedahan atau operasi pada kanker paru ini sangat bergantung pada tipe kanker dan stadiumnya. Jika kanker paru ternyata sudah menyebar dan berukuran besar, dokter akan melakukan pembedahan lobektomi untuk mengangkat sebagian paru-paru. Bahkan dalam beberapa kasus dokter bisa mengangkat salah satu sisi paru-paru untuk menghambat penyebaran kanker.

Kanker payudara stadium 3 

Selanjutnya adalah kanker payudara stadium 3. Sebenarnya tindakan pembedahan pada kanker payudara ini bisa dilakukan pada stadium 1 dan 2. Untuk kanker payudara stadium 3 ada sedikit perbedaan karena biasanya tindakan pembedahan dilakukan untuk dijadikan kombinasi pengobatan kemoterapi. Dikarenakan kanker payudara stadium 3 sudah cukup menyebar, jadi kombinasi kemoterapi dan pembedahan bisa dilakukan.

Seperti kanker paru stadium 1, kanker payudara stadium 3 ini bisa dilakukan pembedahan lobektomi untuk mengangkat jaringan payudara sebagian atau bahkan seluruhnya. Ada lagi pembedahan mastektomi yaitu tindakan pembedahan untuk mengangkat kelenjar getah bening.

Kanker ovarium

Jika dua kanker sebelumnya kebanyakan tindakan pembedahan dilakukan untuk mengangkat sebagian atau bahkan seluruh jaringan kanker beserta organ, maka untuk kanker ovarium berbeda. Tindakan pembedahan untuk kanker ovarium hanya digunakan untuk sitoreduksi yaitu menentukan stadium atau tingkatan kanker. Setelah sitoreduksi dilakukan maka pengobatan kemoterapi bisa dilakukan.

Walaupun ada beberapa jenis kanker ovarium yang memerlukan pembedahan pengangkatan jaringan, dokter biasanya akan menyarankan untuk melakukan kemoterapi.

Kanker usus besar 

Hampir semua kasus kanker usus besar harus dilakukan tindakan pembedahan. Penderita kanker usus besar stadium 0 atau 1, biasanya akan dilakukan pembedahan usus yang terkena kanker. Lalu untuk kanker usus besar stadium 2 ke atas, pembedahan akan dilakukan kemudian dilanjutkan kemoterapi. Jika ternyata kanker usus besar sudah terlalu menyebar atau menempel pada organ tubuh lain, pembedahan bisa dijadikan opsi kedua.

Sebenarnya masih ada beberapa jenis kanker yang memerlukan tindakan operasi, seperti kanker otak ataupun kanker ginjal. Walaupun begitu semuanya harus lewat diagnosis dokter terlebih dahulu. Jadi kami menyarankan Anda memilih rumah sakit dan dokter onkologi yang berpengalaman ya.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *