fbpx

KAMI ADA UNTUK MEMBANTU ANDA

  1. Home
  2.  » 
  3. Artikel
  4.  » Gejala dan Tanda-tanda Kanker, dari Hal Sangat Sederhana Sampai Paling Ketara

Gejala dan Tanda-tanda Kanker, dari Hal Sangat Sederhana Sampai Paling Ketara

18 Desember 2019 | Artikel

Onkologi 101 – Kami akan menuliskan seri artikel mengenai Onkologi. Temukan artikel menarik dan update terbaru seputar onkologi.

Sebagian besar orang yang didiagnosis terkena penyakit kanker ini terlambat menyadari tanda-tanda atau gejala yang diderita. Menurut cancer.org, untuk mendeteksi kanker secara dini setidaknya bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu melihat tanda-tanda dan gejala. Ada perbedaan antara tanda-tanda dan gejala yang disebabkan oleh kanker.

Tanda-tanda penyakit kanker ini biasanya bisa dilihat oleh penderita, keluarga, orang lain, ataupun dokter itu sendiri. Misalnya ada benjolan atau pembengkakan, demam, pernapasan yang berat, dan lain sebagainya. Kemudian untuk gejala kanker adalah hal yang bisa dirasakan oleh penderita. Tetapi sayangnya, terkadang gejala kanker ini sangat sulit untuk terdeteksi.

Baca Juga: Apa Itu Kanker? Sejarah dan Perkembangan Kanker di Era Modern

Sekarang kami akan mencoba membahas beberapa gejala dan tanda-tanda penyakit kanker. Mulai dari hal yang sangat sederhana, sampai hal yang paling ketara.

 

Kapan sebenarnya kanker bisa terdeteksi lewat tanda-tanda atau gejala?

Kanker kulit atau melanoma sangat mudah dikenali, karena berada di bagian luar tubuh. Tetapi kanker hati, pankreas, atau kanker lain yang berada di dalam tubuh terkadang sulit dikenali. Nah munculnya kanker ini tergantung dari ganas atau tidaknya sel kanker, seberapa besar, sampai bagaimana efeknya pada organ tubuh lain.

Seperti dijelaskan di awal, melanoma ini sangat mudah terdeteksi karena mereka menginfeksi dan mengganggu saraf yang ada di kulit. Beda halnya dengan kanker pankreas, terkadang orang yang terkena kanker ini tidak akan mengetahui kalau dirinya terjangkit sampai kanker pankreas tersebut menjadi besar. Ketika sel kanker sudah mulai membesar, lalu mulai mengganggu aliran darah dan aliran saraf, maka tanda-tanda dan gejala kanker akan mulai terlihat.

 

Tanda-tanda dan gejala kanker yang paling sederhana

Walaupun begitu, ada beberapa gejala kanker yang paling sederhana dan mudah dikenali antara lain:

  • Demam

Pertama adalah demam. Hampir semua penyakit kanker akan diawali dengan demam atau kenaikan panas tubuh. Ketika sel kanker sudah mulai menyebar, biasanya saraf akan mengirim pesan ke otak dan pada akhirnya tubuh beradaptasi lalu mulai meningkatkan suhu tubuh. Salah satu jenis penyakit kanker yang disertai dengan demam adalah kanker darah, kanker hati, kanker paru, dan beberapa kanker yang terjadi di dalam tubuh.

  • Sakit yang tidak kunjung sembuh

Anda pernah mengalami sakit yang tidak sembuh sampai 1 minggu atau bahkan 1 bulan? Anda harus melakukan pemeriksaan ke dokter atau bahkan ke dokter spesialis. Mulai dari pusing yang tidak kunjung sembuh, itu adalah tanda awal terjadi tumor otak. Kemudian nyeri di bagian tulang padahal tidak terjadi kontak fisik, itu adalah tanda tumor tulang. Jadi jangan remehkan sakit yang tidak kunjung sembuh ya.

 

Tanda-tanda dan gejala yang hampir pasti didiagnosis kanker

Sekarang masuk ke dalam tanda-tanda dan gejala kanker yang paling ketara, antara lain:

  • Luka yang tidak kunjung sembuh

Ketika Anda mempunyai luka kemudian luka tersebut tidak kunjung sembuh, Anda harus waspada karena Anda bisa saja terkena kanker. Luka di kaki kemudian semakin membesar, bisa saja itu adalah gejala kanker kulit. Kemudian sariawan yang tidak sembuh juga bisa saja gejala dan tanda kanker mulut atau kanker tenggorokan.

  • Urine atau buang air besar yang berbeda dari biasanya

Jika buang air kecil Anda berbeda dari biasanya, seperti berwarna merah atau warna lain, itu bisa saja merupakan tanda awal terkena kanker ginjal. Lalu untuk buang air besar yang cair atau bahkan sulit buang air besar, itu bisa juga menjadi tanda ada permasalahan di dalam saluran pencernaan. Jadi alangkah baiknya Anda segera memeriksakan ke dokter.

Tanda-tanda atau gejala kanker ini memang agak sedikit tricky. Jika Anda sudah aware atau perhatian dengan perubahan yang terjadi di dalam tubuh Anda, tentu itu sangat membantu mencegah terkena kanker. Semoga artikel ini bisa menginspirasi.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *