fbpx

KAMI ADA UNTUK MEMBANTU ANDA

  1. Home
  2.  » 
  3. Artikel
  4.  » Deteksi Kanker dengan CT SCAN

Deteksi Kanker dengan CT SCAN

21 Januari 2021 | Artikel

CT Scan adalah salah satu alat pemeriksa kesehatan yang paling umum digunakan di rumah sakit. Mungkin beberapa dari Anda pernah menjalani pemeriksaan CT Scan ketika patah tulang atau pemeriksaan kesehatan lainnya. Selain pemeriksaan yang sangat akurat untuk mendeteksi patah tulang, ternyata CT Scan juga bisa digunakan untuk mendeteksi penyakit kanker. Fungsi utama CT Scan yang bisa melakukan pemindaian secara jelas di dalam tubuh sangat membantu dokter dalam melakukan diagnosis penyakit kanker.

Di artikel kali ini akan dijelaskan bagaimana cara CT Scan bekerja dalam mendeteksi penyakit kanker. Kemudian akan dibahas fungsi CT Scan dalam mendeteksi penyakit kanker dan jenis kanker apa saja yang bisa dilihat dengan CT Scan.

Cara kerja dan fungsi CT Scan

CT Scan pertama kali digunakan untuk mendeteksi penyakit di tahun 70an. Cara kerja dari CT Scan secara sederhana adalah tabung akan mengeluarkan pancaran sinar elektron sampai berubah menjadi sinar-x. Pancaran sinar-x dengan dosis yang sangat rendah ini akan membentuk gambar hitam putih yang kemudian diproses di komputer.

Sekarang kita akan masuk ke dalam fungsi CT Scan untuk mendeteksi kanker:

  • Hasil scan lebih optimal

CT Scan dapat melihat bagian organ dalam tubuh dengan lebih optimal karena memiliki kontras resolusi dan spasial resolusi yang sangat tinggi. Kontras resolusi adalah kemampuan membedakan objek dengan densitas yang hampir sama. Kemudian untuk spasial resolusi berguna mendeteksi objek yang letaknya berdekatan atua bahkan berhimpitan. Jadi kanker yang masih stadium rendah bisa dideteksi dengan CT Scan.

  • Hasil scan lebih menyeluruh

Salah satu fungsi utama dari CT Scan adalah mendeteksi kanker dengan hasil scan yang lebih menyeluruh. Pertama CT Scan bisa melihat diagnosis kanker, kedua kanker bisa terlihat penyebarannya, dan yang terakhir CT Scan bisa melihat apakah seseorang bisa bebas dari kanker atau tidak.

  • Keamanan yang terjamin

Risiko penggunaan radiasi sinar-x kepada orang yang menderita kanker sebelumnya memang berbahaya. Tetapi keamanan CT Scan sudah sangat berkembang. Sekarang penggunaan sinar-x pada CT Scan sangat rendah dan sudah dibantu dengan injeksi cairan radiofarmaka yang akan membuat deteksi kanker bisa lebih mudah.

Beberapa jenis kanker yang bisa dideteksi dengan CT Scan

Ketika dokter sudah melihat gejala yang Anda rasakan, biasanya dokter akan mulai diagnosis untuk langkah pertama yaitu melakukan scanning. Jika memungkinkan, dokter akan melakukan scanning dengan CT Scan. Beberapa jenis kanker yang bisa dideteksi dengan ST Scan adalah kanker paru, tumor perut, kanker usus, kanker rahim, kanker ginjal, dan kanker otak.

Selain beberapa jenis kanker di atas, CT Scan juga bisa melihat apakah fungsi organ lain di dalam tubuh ini berdampak langsung dengan kanker. Dengan kata lain CT Scan bisa melihat seberapa kanker dan akan membantu dokter untuk melakukan penanganan pertama.

jika Anda ingin melakukan CT Scan untuk mendeteksi kanker secara dini, merencanakan operasi, ataupun untuk terapi radiasi. Anda bisa menghubungi atau datang langsung ke Adi Husada Cancer Center. Kami memiliki CT Scan teknologi modern yang akan membantu Anda mendiagnosis kanker lebih lanjut.

1 Komentar

  1. Matheus Nalih

    Hasil ct scan saya menunjukkan ada gejala tumor rectum antara 3z4x5 cm, sehingga menggangu BAB, serta seringkali berdarah. Apakah harus ada tindakan kolostomi atau hanya pengobatan dengan jalan laser saja. Terima kasih

    Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *