fbpx

KAMI ADA UNTUK MEMBANTU ANDA

  1. Home
  2.  » 
  3. Artikel
  4.  » Cara Penyembuhan Kanker dari Masa ke Masa

Cara Penyembuhan Kanker dari Masa ke Masa

11 Desember 2019 | Artikel

Kanker mempunyai sejarah yang sangat panjang dalam dunia medis atau kesehatan. Pada zaman kuno sebelum masehi, pengobatan kanker sudah menggunakan operasi pengangkatan tumor, terapi panas, hingga obat-obatan herbal. Dari situ sudah terlihat bahwa kanker membuat seluruh peneliti dan dokter berusaha sangat keras untuk mencegah serta menyembuhkan penyakit mematikan ini.

Di dalam artikel kali ini, akan dibahas bagaimana sejarah penyembuhan kanker dari masa ke masa. Anda akan melihat bagaimana perkembangan medis sangat cepat dan dalam hal ini yang paling diuntungkan adalah manusia modern. Cara penyembuhan kanker dari masa ke masa akan dibagi menjadi 3 bagian, tahun 1800an, 1900an, dan 2000an.

1800an, penemuan pertama 

Tahun 1800an bisa disebut sebagai penemuan pertama, karena di masa ini hampir semua penyembuhan kanker bermula dari sini. Pertama ditemukannya cryosurgery dan cryotherapy yaitu penyembuhan kanker dengan cara mendinginkan sel kanker. Walaupun sudah lama tidak terdengar, sekarang cryotherapy mulai diperhitungkan setelah beberapa negara secara konsisten mengembangkan prosedur ini.

Kemudian di tahun 1895, Wilhelm Rontgen menemukan X-Ray ternyata bisa membunuh bakteri. Lalu di tahun 1896, Emil Grubbe mulai mencoba sinar radiasi apakah bisa membunuh sel kanker. Hasilnya sangat luar biasa, radiasi tidak hanya mampu melihat seberapa besar sel kanker di dalam tubuh, tetapi juga bisa menyembuhkannya.

1900an, kemoterapi

Di saat para peneliti sedang hype masalah radiasi, penemuan besar lainnya datang saat terjadi perang dunia. Ketika terjadi kesalahan senjata kimia, para peneliti penasaran dengan mustard gas yang ternyata bisa mengubah sel darah dan sum-sum tulang. Dari situ ilmuwan di seluruh dunia mulai berlomba-lomba membuat obat dari bahan-bahan kimia. Aminopterin dan arsphenamine adalah salah satu obat kemoterapi pertama di dunia.

Momen penting lainnya adalah ketika Food and Drugs Administration (FDA) secara resmi mengeluarkan approval untuk obat kemoterapi di tahun 1990. Setelah itu hampir setiap tahun FDA mengeluarkan approval untuk obat kemoterapi, bahkan hingga di era modern.

2000an, teknologi

Di tahun 1800an, kita semua mengetahui bagaimana perkembangan penyembuhan kanker pertama kali. Lalu di tahun 1900an, penyembuhan kanker mulai bisa ditangani secara khusus. Obat untuk kemoterapi sekarang sudah bisa digunakan secara khusus sesuai dengan jenis dan besarnya kanker. Nah di tahun 2000an, penyembuhan kanker sangat erat hubungannya dengan teknologi.

Selain FDA masih mengeluarkan obat kemoterapi terbaru, ada lagi penyembuhan kanker yang ditemukan di tahun 2000an, yaitu terapi imun atau immunotherapy. Secara perkembangannya, sel kanker ini bisa menyamar menjadi sel sehat sehingga imun tubuh yang seharusnya bisa membunuh sel kanker, ternyata dibiarkan. Ini akan menjadi hal yang sangat membahayakan karena sel kanker bisa berkembang tanpa adanya perlawanan.

Nah dari sini adalah manfaat dari immunotherapy, yaitu membuat sistem imun di dalam tubuh menjadi normal kembali. Nantinya, immunotherapy secara tidak langsung akan membuat sel kanker menjadi terlihat dan bisa dilakukan penanganan lebih lanjut.

Itulah bagaimana proses penyembuhan kanker dari masa ke masa. Proses penemuan dari penyembuhan sel kanker ini tidak dilakukan dalam waktu 1-2 malam atau 1-2 tahun saja, tetapi beratus-ratus tahun lamanya. Dari sini kita diajak untuk menghargai bagaimana proses penyembuhan kanker dari hal yang paling sederhana, sampai di era modern seperti sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *