fbpx

KAMI ADA UNTUK MEMBANTU ANDA

  1. Home
  2.  » 
  3. Artikel
  4.  » Benarkah Kanker Payudara Bisa Sembuh Tanpa Operasi Pengangkatan?

Benarkah Kanker Payudara Bisa Sembuh Tanpa Operasi Pengangkatan?

oleh | 05 Juni 2023 | Artikel

Kanker payudara masih menjadi salah satu jenis kanker yang banyak diderita oleh perempuan di seluruh dunia. Dikutip dari website resmi WHO, setiap tahunnya tercatat ada sekitar 2,3 juta kasus kanker payudara baru. Masih dari sumber yang sama, di 95% negara di seluruh dunia, kanker payudara selalu menempati peringkat 1-2 sebagai penyebab kematian tertinggi pada wanita. Salah satu pertanyaan yang muncul ketika didiagnosis dengan penyakit ini adalah apakah kanker ini bisa sembuh tanpa operasi pengangkatan. Melalui artikel ini, kami akan coba membahas fakta-fakta terkini dan informasi yang relevan mengenai kemungkinan penyembuhan kanker payudara tanpa operasi.

Pentingnya Pengobatan Dini

Sebelum membahas apakah kanker payudara dapat diobati tanpa operasi, penting juga untuk diingat bahwa pengobatan yang tepat sejak dini berperan sangat besar pada proses penyembuhannya. Rutin melakukan langkah-langkah deteksi dini dan mengikuti prosedur medis yang direkomendasikan dokter adalah langkah penting dalam mengatasi kanker ini.

Baca Juga: Tidak Benar: Mitos Kanker Payudara yang Sering Dipercayai

Beberapa tes seperti mammografi, ultrasonografi, hingga biopsi merupakan pilihan yang dapat dilakukan untuk mendiagnosis dan menentukan tahap serta jenis kanker yang dihadapi seseorang. Untuk proses pemeriksaan yang lebih aman dan nyaman, Anda dapat melakukan berbagai tes di atas di Adi Husada Cancer Center, Surabaya.

Berdasarkan hasil diagnosa tadi, dokter selanjutnya akan merekomendasikan tahapan perawatan kanker yang sebaiknya dilakukan. Dan memang, salah satu tindakan yang umum direkomendasikan adalah operasi untuk mengangkat tumor dan mencegah penyebarannya ke organ lain. Namun pilihan pengobatan untuk kanker payudara tidak terbatas hanya pada operasi pengangkatan ini saja.

Pilihan Pengobatan Kanker Payudara

Pilihan pengobatan kanker payudara dapat berbeda-beda tergantung pada banyak faktor, seperti jenis, ukuran, dan karakteristik tumor, serta riwayat kesehatan hingga respon pasien terhadap terapi yang diberikan.

Selain operasi pengangkatan, berikut adalah beberapa pilihan terapi yang biasa dilakukan untuk mengobati kanker payudara:

  • Terapi Radiasi
    Terapi ini menggunakan radiasi energi tinggi untuk menghancurkan sel-sel kanker. Terapi ini dapat dilakukan juga dengan tujuan untuk mengecilkan ukuran tumor atau mengendalikan gejala pada kanker payudara yang lebih lanjut.
  • Kemoterapi
    Melibatkan pemberian obat-obatan khusus yang bertujuan untuk membunuh sel kanker dan mencegah pertumbuhan serta penyebarannya. Selain dilakukan sebagai terapi pelengkap operasi, kemoterapi juga dapat berfungsi sebagai terapi tunggal untuk kasus-kasus tertentu.
  • Terapi Hormon
    Digunakan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dengan cara mengendalikan hormon estrogen atau progesteron dalam tubuh. Terapi ini terutama efektif pada kanker payudara yang memiliki reseptor hormon positif.
  • Terapi Target
    Sama seperti kemoterapi, terapi target juga menggunakan obat-obatan khusus. Bedanya pada terapi target melibatkan penggunaan obat-obatan yang mengarah pada mutasi spesifik atau protein yang hadir dalam sel kanker. Tujuan dilakukannya terapi ini adalah menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker dengan lebih spesifik serta mengurangi dampaknya pada sel normal sebanyak mungkin.
  • Imunoterapi
    Terapi ini bekerja dengan merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan sel kanker. Ini melibatkan penggunaan obat-obatan yang mampu membantu meningkatkan respon sistem imun dan memperkuat kemampuan tubuh dalam melawan kanker.

Jadi, Apakah Harus Selalu Dilakukan Operasi?

Jawabannya, tidak. Pada beberapa kasus tertentu, ada kemungkinan kanker payudara dapat sembuh tanpa operasi. Terutama pada kasus yang ditemukan di tahap awal dan memiliki karakteristik yang kurang agresif. Namun perlu diingat, keputusan pengobatan harus tetap berdasarkan pada evaluasi menyeluruh oleh tim medis terlatih.

Yang terpenting, deteksi dini dan perawatan yang tepat waktu tetap menjadi kunci dalam meningkatkan peluang kesembuhan pasien. Dengan rutin melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) setiap bulannya, Anda dapat segera aware jika terjadi perubahan yang janggal pada payudara dan dapat segera berkonsultasi dengan dokter spesialis onkologi yang ada di Adi Husada Cancer Center (AHCC), Surabaya.

Sebagai salah satu rumah sakit perawatan kanker terbaik yang ada di Indonesia timur, AHCC tidak hanya menyediakan layanan skrining dan diagnosa kanker payudara, namun juga meliputi layanan pengobatan seperti kemoterapi, radioterapi, operasi, dan terapi target. Bahkan saat ini AHCC juga memiliki layanan perawatan pasca terapi seperti program konseling dan dukungan psikologis bagi pasien. Hubungi kami melalui kontak whatsapp di 0851-7422-6922 atau email ke info@ahcc.co.id untuk informasi selengkapnya.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *