fbpx

KAMI ADA UNTUK MEMBANTU ANDA

  1. Home
  2.  » 
  3. Artikel
  4.  » Beberapa Kanker yang Bisa Didiagnosis dengan CT Scan

Beberapa Kanker yang Bisa Didiagnosis dengan CT Scan

18 Maret 2021 | Artikel

Perkembangan sejarah CT Scan boleh dibilang salah satu yang paling maju dan berdampak sangat besar bagi dunia medis. Sekitar tahun 1970an, CT Scan menjadi ujung tombak untuk melihat apakah ada masalah pada bagian kepala. Tidak sampai 10 tahun, CT Scan berkembang menjadi alat untuk diagnosis banyak sekali penyakit, salah satunya kanker.

Baca Juga: Deteksi Kanker dengan CT SCAN

Jika Anda awam dengan CT Scan, mungkin Anda hanya berpikir bahwa CT Scan ini hanya bertugas untuk melakukan pengecekan ketika Anda patah tulang. Padahal lebih dari itu, CT Scan ini bisa mendeteksi apakah di dalam salah satu organ tubuh Anda terdapat benjolan kanker atau tidak. Di dalam artikel kali ini akan dibahas beberapa kanker yang bisa didiagnosis dengan CT Scan.

Kanker otak

Menurut situs cancer.org, setidaknya ada 40 jenis kanker otak yang sampai sekarang sudah terdeteksi. Tetapi secara umum kanker otak dibagi menjadi 2, kanker jinak seperti neuroma, tumor hipofisis, dan meningioma. Kemudian ada kanker ganas yang biasanya sudah menyebar ke organ tubuh lain, terutama sumsum tulang belakang yaitu glioblastoma, dan glioma campuran.

Untuk mencegah munculnya kanker ganas pada otak, tentu pasien harus lebih aware jika ada kelainan medis. Hal-hal sederhana seperti pusing tidak kunjung reda atau bahkan kepala berat yang berlangsung selama beberapa hari bisa membuat Anda terhindar dari kanker otak ganas. Salah satu diagnosis paling populer untuk kanker otak adalah CT Scan. Dengan teknologi terbaru, benjolan kurang dari 0,5 cm bisa terdeteksi dengan CT Scan.

Kanker paru

Selain untuk diagnosis kanker otak, CT Scan juga populer digunakan untuk mendeteksi kanker paru. Sebenarnya CT Scan ini bisa melihat paru-paru pasien secara keseluruhan, tidak hanya mendeteksi kelainan yang menyebabkan kanker, seperti benjolan ataupun bercak. Tetapi bisa melihat apakah paru-paru Anda terpapar yang menyebabkan virus covid-19 misalnya.

Biasanya CT Scan yang dilakukan untuk diagnosis kanker paru dilakukan setelah adanya kelainan sesudah dilakukan foto rontgen. CT Scan pada paru ini akan menghasilkan diagnosis yang lebih detail, mulai dari posisi tumor, besarnya tumor, sampai stadium tumor.

Kanker serviks

Selanjutnya adalah kanker serviks atau banyak yang disebut dengan kanker rahim. Sebenarnya kanker serviks ini bisa dicegah ketika berada pada stadium 1A, bahkan jika kelainan terdeteksi sebelum stadium tersebut maka kesembuhan bisa mencapai 100%. Itulah sebenarnya screening pre-cancer sekarang sedang digencarkan dengan cara tidak meremehkan gejala sekecil apapun yang muncul.

CT Scan sangat membantu untuk mendiagnosis apakan terjadi kanker serviks parah atau tidak. Biasanya pasien datang ke rumah sakit ketika sudah mempunyai keluhan seperti berdarah ketika berhubungan seks atau nyeri berkepanjangan.

Kanker usus besar

Jenis kanker terakhir yang bisa didiagnosis dengan CT Scan adalah kanker usus besar. Kanker jenis in biasanya membutuhkan diagnosis yang lebih detail selain menggunakan CT Scan. Misalnya endoskopi dan biopsi yang bisa mengenali jenis kanker usus besar dengan lebih detail. CT Scan akan membantu untuk diagnosis awal ketika adanya kelainan yang dialami pasien seperti benjolan atau nyeri ketika buang besar.

Itulah beberapa jenis kanker yang bisa dideteksi dengan menggunakan CT Scan. Semoga Anda sehat selalu dan terhindar dari penyakit kanker.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *