fbpx

KAMI ADA UNTUK MEMBANTU ANDA

  1. Home
  2.  » 
  3. Artikel
  4.  » Bagaimana Proses Penyembuhan Kanker Payudara?

Bagaimana Proses Penyembuhan Kanker Payudara?

07 Desember 2019 | Artikel

Di antara puluhan jenis kanker, mungkin kanker payudara menjadi hal yang paling banyak dibicarakan. Menurut data dari World Cancer Report, dari seluruh wanita yang terkena kanker setidaknya 25% terkena kanker payudara. Walaupun pencegahan dan pengobatan kanker payudara selalu berkembang setiap tahunnya, awareness mengenai kanker payudara harus terus dilakukan.

Pengobatan atau penyembuhan kanker payudara mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam kurun 2 dekade terakhir. Berbagai macam penyembuhan selain operasi bisa dilakukan. Sekarang tingkat peluang hidup orang terkena kanker payudara bisa mencapai 80% sampai 90%, jika sudah mendapatkan penanganan yang tepat.

Sebelum proses penyembuhan kanker payudara dimulai, biasanya dokter akan membuat diagnosis terlebih dahulu. Biasanya dokter akan melakukan pengecekan jenis kanker payudara, ukuran, status hormon usia, sampai kondisi pasien. Nah, jika Anda penasaran bagaimana proses penyembuhan kanker payudara, simak penjelasannya di bawah ini ya.

Operasi

Salah satu proses penyembuhan kanker payudara yang sering dilakukan adalah operasi. Selain itu operasi juga bisa dilakukan untuk mengangkat benjolan kanker yang masih kecil. Nah, jenis operasi kanker payudara ini juga banyak sekali macamnya. Ada operasi pengangkatan payudara secara total, sebagian kecil, bahkan sampai mengangkat kelenjar getah bening, hingga otot dada.

Radiasi

Radiasi adalah penggunaan sinar-X untuk menghambat dan membunuh sel kanker. Selain itu jika tumor sudah lebih dari 5cm, biasanya terapi radiasi harus dilakukan setidaknya 1 bulan sekali. Apalagi jika ternyata tumor sudah menyerang ke kelenjar getah bening serta otot bagian dada.

Kemoterapi

Salah satu proses penyembuhan kanker payudara yang mungkin banyak dikenal adalah kemoterapi atau bisa disebut dengan kemo. Kemoterapi adalah proses pengobatan dengan obat-obatan dengan cara diminum atau disuntikkan. Obat untuk kemoterapi ini biasanya sudah mendapatkan rekomendasi dari Food and Drug Administration (FDA).

Efek dari kemoterapi yang mungkin Anda ketahui adalah rambut rontok, luka pada mulut, tidak nafsu makan dan badan menjadi kurus, dan mudah lelah. Walaupun begitu, efek positif dari kemoterapi adalah membunuh sel kanker.

Terapi hormon

Selanjutnya ada terapi hormon. Pada jenis kanker payudara tertentu, biasanya terdapat masalah pertumbuhan sel kanker yang disebabkan oleh hormon. Sel kanker payudara ini menempel pada hormon estrogen dan tidak bisa disembuhkan dengan pengobatan biasa. Sebagian besar terapi hormon ini dilakukan ketika sel kanker payudara ini tiba-tiba muncul setelah dilakukannya operasi atau kemoterapi. Terapi hormon dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama, bisa mencapai 5 tahun.

Terapi imun

Proses penyembuhan kanker payudara terakhir adalah terapi imun. Seperti diketahui, sel kanker ini bisa berkembang karena dua cara, pertama sistem kekebalan tubuh yang sangat lemah, dan kedua sel kanker bisa menipu imun sehingga mereka bisa menyebar dan berkembang. Nah selain itu terapi ini juga dimaksudkan untuk mengembalikan sistem imun pada pasien kanker.

Itulah kelima proses penyembuhan kanker payudara yang bisa dilakukan. Dari kelima proses tersebut, pilihan tergantung hasil diagnosis serta persetujuan Anda terlebih dahulu. Walaupun begitu, dokter yang Anda pilih pasti mempunyai pertimbangan yang sangat tepat.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *