fbpx

KAMI ADA UNTUK MEMBANTU ANDA

  1. Home
  2.  » 
  3. Artikel
  4.  » Apakah Semua Jenis Kanker Perlu Dilakukan Pembedahan?

Apakah Semua Jenis Kanker Perlu Dilakukan Pembedahan?

oleh | 09 Februari 2020 | Artikel

Bagi sebagian besar penderita yang baru saja mengetahui bahwa dirinya terkena kanker, tentu hal pertama yang paling ditakutkan adalah operasi. Khususnya perempuan yang terkena kanker payudara, ketika mendengar kata operasi hal yang dibayangkan adalah pengangkatan payudara sehingga menimbulkan efek kurang percaya diri. Permasalahannya, apakah semua jenis kanker ini perlu dilakukan pembedahan atau operasi?

Baca Juga: Apa Itu Kemoterapi? Kapan Anda Harus Melakukan Kemoterapi?

Hampir sebagian besar jenis kanker memerlukan tindakan pembedahan untuk mengangkat dan membersihkan sel kanker. Tetapi ternyata ada beberapa hal yang membuat penderita tidak memerlukan operasi atau bahkan tidak boleh melakukan operasi. Apa saja jenis kanker atau kapan tindakan pembedahan ini harus dilakukan?

Diagnosis kanker

Sebelum masuk ke dalam inti permasalahan, Anda harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana besarnya potensi kanker, jenis kanker, sampai lokasinya. Semua hal tersebut bisa dilihat dari diagnosis kanker dengan cara yang beragam. Mulai dari CT Scan, USG, mamografi, MRI, rontgen, sampai biopsi. Setelah melalui prosedur tersebut, baru muncul diagnosis bagaimana cara menyembuhkan kanker, apakah harus segera dioperasi atau bahkan tidak perlu operasi.

Beberapa jenis kanker yang tidak memerlukan pembedahan atau operasi

Ternyata tidak semua jenis kanker harus melalui proses operasi, semua tergantung jenis kanker, tingkat stadium, sampai lokasi. Contohnya adalah kanker limfoma atau kelenjar getah bening. Seperti dilansir dari cnnindonesia.com, konsultan hematologi-onkologi medik Andhika Rachman menjelaskan bahwa kanker limfoma tidak akan sembuh jika melalui proses pembedahan atau operasi.

Jikalau harus melalui operasi, itu ketika kanker limfoma menyerang organ tubuh lain yang menghalangi metabolisme tubuh. Misalnya kanker limfoma sudah menyerang paru-paru atau usus, itu harus segera dioperasi. Kemudian penyembuhan kanker limfoma yang tepat adalah dengan kemoterapi atau radioterapi secara teratur.

Selain kanker limfoma, ada juga kanker payudara yang masih berada di stadium 0 ataupun 1. Di stadium ini, kanker payudara masih bersifat jinak dan belum menyebar ke seluruh jaringan payudara. Jadi untuk Anda yang tidak ingin melakukan prosedur operasi saat terkena kanker payudara, mulai sekarang ubah pola hidup sehat dan lakukan SADARI.

Jenis kanker yang harus melalui proses pembedahan atau operasi

Selain beberapa jenis kanker di atas, ada juga kanker yang harus melalui proses pembedahan atau operasi. Misalnya kanker payudara stadium 3 atau 4 yang sel jaringan tumornya tidak berada terlalu dalam atau menempel pada organ tubuh vital. Kemudian ada juga kanker tulang yang harus segera dilakukan operasi agar tidak menyebar dan memperburuk keadaan. Walaupun begitu, kanker tulang ataupun kanker payudara bisa tidak melalui proses operasi secara langsung, tetapi melalui kemoterapi atau radioterapi.

Sekarang Anda sudah mengetahui bahwa sebenarnya titik utama dari boleh tidaknya tindakan operasi ini ada pada diagnosis dokter. Jika ternyata diagnosis dokter mengatakan Anda harus segera melakukan operasi dalam waktu dekat. Begitu juga sebaliknya, ada kanker yang memang tidak membutuhkan operasi jadi cukup melakukan kemoterapi atau radioterapi. Seperti dijelaskan sebelumnya, bahwa semakin awal Anda mengetahui gejala atau tanda-tanda kanker itu akan semakin baik dan bisa disembuhkan tanpa melalui prosedur pembedahan atau operasi.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *