fbpx

KAMI ADA UNTUK MEMBANTU ANDA

  1. Home
  2.  » 
  3. Artikel
  4.  » Apa Itu Kanker Kulit Melanoma dan Bagaimana Cara Penyembuhannya?

Apa Itu Kanker Kulit Melanoma dan Bagaimana Cara Penyembuhannya?

20 November 2020 | Artikel

Mungkin banyak orang yang mengira bahwa kanker kulit melanoma ini mudah diketahui gejalanya, karena letaknya berada kulit. Tetapi, kanker kulit melanoma ini ternyata sangat sulit diketahui bahkan dari gejala yang muncul. Menurut data dari WHO, kanker kulit melanoma ini mempunyai tingkat kenaikan sekitar 130ribu kasus setiap tahunnya. Bahkan jika lapisan ozon di bumi ini terus memburuk, penderita kanker kulit melanoma bisa terus meningkat.

Salah satu pencegahan kanker kulit melanoma adalah mengetahui dari gejala sedini mungkin. Beberapa orang yang terkena kanker melanoma dengan stadium tinggi ini kebanyakan dikarenakan terlambat mengetahui gejalanya. Sekarang simak bagaimana gejala sederhana kanker kulit melanoma dan bagaimana cara penyembuhannya.

Mengapa muncul kanker kulit melanoma?

Melanoma ini diambil dari melanin, sel di dalam kulit yang berguna untuk memproduksi pigmen pemberi warna kulit. Jadi anker kulit melanoma adalah gangguan sel yang terjadi saat melanin tidak dapat berfungsi dengan baik. Munculnya kanker kulit melanoma ini penyebabnya ada bermacam-macam, pertama ada yang muncul karena kulit terlalu sering terkena paparan sinar ultraviolet, mempunyai banyak tahi lalat, sampai ada keturunan kanker kulit melanoma sebelumnya.

Gejala kanker kulit melanoma

Kanker kulit melanoma ini biasanya menyerang kulit dada ataupun punggung. Walaupun begitu ada beberapa kasus kanker kulit melanoma yang muncul ini berada pada daerah yang tersembunyi. Misalnya di antara jari-jari kaki ataupun tangan, di bawah kuku, sampai berada di wajah. Berikut gejala kanker kulit melanoma:

  • Munculnya tahi lalat yang tidak biasa

Hampir seluruh kasus kanker kulit melanoma ini pertama kali muncul pada tahi lalat. Jika Anda menemukan bentuk tahi lalat yang tidak biasa, sakit ketika ditekan, gatal, atau bahkan mempunyai warna yang tidak biasa, Anda wajib mewaspadai. Jika memang nyeri pada tahi lalat atau bahkan membesar, segera periksakan ke dokter.

  • Munculnya pigmen atau noda pada kulit

Gejala selanjutnya adalah munculnya pigmen atau noda pada kulit, ini gejalanya sangat mirip pada tahi lalat. Pada awalnya pigmen pada kulit ini layaknya kerusakan kulit biasa, tetapi jika dibiarkan noda pada kulit akan terasa nyeri dan bertambah besar.

  • Sesak napas sampai nyeri pada tulang

Gejala selanjutnya adalah hal yang mungkin paling berbahaya, karena kanker kulit melanoma berada pada stadium lanjut. Pertama yaitu sesak napas bahkan sampai nyeri pada tulang.

Penyembuhan kanker kulit melanoma

Sebelum melakukan tindakan, dokter akan mendiagnosis kanker melanoma terlebih dahulu. Pertama dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, kemudian biopsi kulit atau pengambilan sampel kulit dan yang terakhir CT Scan/MRI untuk melihat apakah kanker kulit melanoma ini sudah menyebar ke dalam kulit bagian dalam atau tidak.

Setelah diagnosis selesai, dokter akan melakukan pengobatan tahap awal seperti operasi. Jika memang kanker kulit melanoma ini sudah menyebar ke organ tubuh lain seperti kelenjar getah bening, biasanya akan dilakukan kemoterapi ataupun radioterapi.

Untuk menghindari agar Anda tidak terkena kanker kulit melanoma adalah Anda bisa mengurangi atau bahkan menghindari terkena sinar ultraviolet secara langsung. Kemudian menjaga kesehatan kulit dari luar maupun dari dalam. Semoga artikel di atas bisa memberikan sedikit informasi tentang kanker kulit melanoma.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *