logo-header

Tips Memilih Ahli Onkologi yang Tepat


Ketika seseorang didiagnosis mengidap kanker, hal yang harus dipikirkan selanjutnya adalah cara mendapatkan penanganan yang tepat dari ahli onkologi maupun rumah sakit kanker terbaik. Tentu saja dalam memilih ahli onkologi ini tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa faktor dan hal penting lainnya yang patut Anda pertimbangkan dengan matang. Tujuannya agar pengobatan maupun perawatan berjalan lancar hingga proses pemulihan. Berikut beberapa tipsnya yang dapat Anda simak.

 

Gali sebanyak mungkin informasi dokter yang akan dipilih

Langkah awal dalam memilih ahli onkologi ialah menggali sebanyak mungkin informasi dokter. Anda bisa melihat profil dokter tersebut di rumah sakit kanker atau mencarinya di internet. Biasanya rumah sakit memiliki website yang berisi database dokter untuk dapat dilihat oleh siapa saja.

 

Selain itu, Anda juga bisa menggali informasi dari testimoni pasien-pasien yang pernah ditangani dokter tersebut. Begitu juga bila ada teman atau keluarga yang pernah berkonsultasi dengan dokter terkait penanganan penyakit yang dialami, maka akan lebih baik. Di samping itu, jangan lupa untuk mengecek rekam jejak ahli tersebut, mulai dari segi latar pendidikannya hingga penanganan pasien.

 

Memberikan kemudahan saat berkonsultasi

Tidak hanya berpengalaman dan terkenal, langkah kedua untuk memilih ahli onkologi adalah usahakan memiliki fleksibilitas dalam waktu konsultasi. Terkadang ada dokter yang, karena begitu sibuk, memiliki keterbatasan waktu untuk menyediakan layanan konsultasi. Lihat pula apakah dokter atau ahli onkologi tersebut bersedia dihubungi maupun merespon keluhan mengenai penyakit yang disampaikan oleh pasien dengan baik.

 

Alangkah lebih baik bila ahli onkologi yang dipilih bersedia dihubungi secara pribadi. Hal ini sebagai langkah antisipasi jika sewaktu-waktu terjadi kondisi darurat, maka akan segera mendapatkan penanganan medis yang tepat. Lalu, pastikan pula Anda merasa nyaman ketika melakukan pemeriksaan dengan dokter, terutama bila pemeriksaan menyangkut organ-organ intim.

 

Memiliki pandangan yang sama antara Anda dan ahli onkologi

Menangani penyakit kanker memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Oleh karena itulah dibutuhkan kesabaran tingkat tinggi. Agar komunikasi dan hubungan baik dengan dokter ahli onkologi dapat terjaga, pastikan Anda dan ahli onkologi memiliki kesamaan pandangan maupun persepsi. Sebagai seorang pasien, Anda dapat menceritkan mengenai ekspektasi selama menjalani perawatan maupun pengobatan kanker.

 

Dari situ pula Anda bisa melakukan konsultasi mengenai prosedur apa saja yang diinginkan dan tidak. Mengapa kesamaan pandangan ini sangat penting? Alasannya tidak lain adalah untuk memudahkan Anda. Sebab apabila dari awal saja pandangannya sudah berbeda, bukan tidak mungkin Anda pun akan kesulitan dalam berkonsultasi, perawatan, hingga pengambilan tindakan selanjutnya jika diperlukan.

 

Carilah dokter yang sesuai karakter pasien

Sebagian orang beranggapan bahwa memilih ahli onkologi di rumah sakit kanker harus memperhatikan aspek lainnya yang berhubungan dengan kepribadian indvidu. Ini dilakukan demi menjaga kenyamanan selama proses konsultasi maupun pengobatan kanker. Ingat, setiap dokter memiliki karakter yang berbeda-beda dan karena itulah Anda sebaiknya memilih dokter yang sesuai dengan karakter Anda.

 

Misalnya saja ada dokter yang menjawab pertanyaan dengan singkat dan padat. Namun, pasien tidak menyukai cara dan karakter dokter seperti ini. Sebaiknya, jika hal ini terjadi, segeralah pertimbangkan ahli onkologi yang lebih mengerti karakter Anda. Inilah yang akan membuat komunikasi terjalin dengan baik sehingga kesalahpahaman pun dapat dihindari.

 

Perhatikan pula biaya konsultasi dan pengobatan

Kemudian yang tidak kalah pentingnya adalah perhatikan pula biaya konsultasi dan perawatan yang ada. Memang, untuk urusan kesehatan menjadi prioritas utama dan terkadang masalah biaya menjadi nomor dua asalkan penyakit dapat ditangani dengan baik secara profesional. Anggapan seperti ini memang sah-sah saja, akan tetapi tidak ada salahnya bagi Anda untuk membandingkan biaya antara ahli onkologi satu dengan lainnya. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan penanganan medis yang sesuai harapan dan dengan harga yang tidak terlalu membebani finansial Anda.

 

Itulah beberapa pertimbangan dan tips ketika Anda ingin memilih ahli onkologi terbaik di rumah sakit kanker terkemuka. Semoga ulasan tersebut dapat membantu dan memberikan manfaat bagi pengobatan Anda.

OTHER NEWS & ARTICLES