fbpx

KAMI ADA UNTUK MEMBANTU ANDA

  1. Home
  2.  » 
  3. Berita
  4.  » Tiga Cara Meminimalisir Risiko Kanker

Tiga Cara Meminimalisir Risiko Kanker

oleh | 20 November 2020 | Berita

Beberapa cara menghindari risiko kanker memang masih menjadi perdebatan, ini karena studi tentang kanker, pencegahan, dan penangannya masih terus dikembangkan. Meski demikian, secara umum diakui gaya hidup yang Anda lakukan sehari-hari memengaruhi besar kecilnya risiko kanker. Karenanya, mulailah menerapkan tiga cara berikut.

1. Jauhi Tembakau

Mengonsumsi tembakau dalam bentuk apapun akan meningkatkan risiko terserang kanker. Rokok misalnya, menjadi salah satu penyebab kanker paru-paru, mulut, tenggorokan, laring, pankreas, kandung kemih, serviks, dan juga hati. Tak hanya pengguna tembakau aktif, mereka yang terdampak dari penggunaan tembakau seperti menghirup asap rokok, juga berisiko terkena kanker paru-paru. Jadi, berhenti menggunakan tembakau adalah salah satu keputusan sehat yang bisa Anda ambil.

2. Makan dan Berdiet Sehat

Meski memilah dan memilih tidak menjamin Anda terhindar dari kanker, tapi cara ini adalah langkah terbaik untuk menghindarinya. Sebagai panduan lakukan beberapa hal berikut:

  • Perbanyak konsumsi buah dan sayur
  • Kurangi konsumsi alkohol karena minuman ini berpotensi menyebabkan kanker payudara, kolon, paru-paru, hati, dan liver.
  • Batasi konsumsi makanan siap saji karena makanan yang telah diproses dengan banyak kandungan pengawet serta bahan kimia lainnya akan berpengaruh pada munculnya beberapa jenis kanker.

3. Berat Badan Ideal

Menjaga agar berat badan ideal akan membantu Anda menghindari beberapa jenis kanker, seperti: kanker payudara, prostat, paru-paru, kolon, dan hati. Untuk membantu mengontrol berat tubuh Anda, mulailah mengisi hari-hari dengan lebih aktif bergerak dan berolahraga. Setidaknya ajak tubuh Anda aktif melakukan aerobik selama 75 – 150 menit per minggu.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *