logo-header

Onkologi dan Peran dalam Menangani Kanker


Onkologi merupakan salah satu cabang ilmu kedokteran yang mempelajari tentang kanker. Istilah onkologi sendiri meminjam kata dalam bahasa Yunani, “onkos” dengan imbuhan “-logy”. Jika diterjemahkan secara literal, istilah tersebut berarti ilmu yang mempelajari tentang kanker. Dengan alasan tersebut, maka dokter onkologi adalah dokter yang menangani kanker dan memberikan perawatan medis bagi seseorang yang telah terdiagnosis penyakit kanker di dalam tubuhnya.

 

Untuk lebih mengenal tentang onkologi beserta perannya dalam menangani kanker, Anda dapat melihat uraian di bawah ini.

 

Mengenal tentang onkologi

Seperti yang telah disebutkan dalam paragraf pembuka, onkologi merupakan bidang ilmu kedokteran tentang kanker. Dengan demikian, onkologi bukan hanya sekadar memberikan penanganan terhadap penyakit kanker, tetapi juga membahas tentang penanganan kanker, diagnosis penyakit kanker, dan tentunya memberikan penanganan kepada pasien yang memiliki penyakit kanker.

 

Para onkologis juga memiliki tugas untuk mengatur rencana pengobatan kanker yang tepat serta mengawasi jalannya proses pengobatan. Tugasnya pun tidak berhenti setelah penyakit kanker selesai ditangani, tapi ia juga harus memikirkan tentang tindakan pencegahan agar risiko kambuh tidak muncul.

 

Lalu, apakah seorang onkolog menangani segala jenis kanker? Ternyata, ada beberapa pembagian kategori dalam onkologi. Jadi, satu onkologis tidak selalu menangani segala jenis kanker. Mari simak pembagiannya di bawah ini.

 

Jenis-jenis onkologi

Dalam praktiknya, onkologi dibagi menjadi tiga kategori besar, yakni:

  • Onkologi medis: Seorang onkolog yang mengambil spesialisasi onkologi medis akan menangani kanker dengan mengambil tindakan kemoterapi atau beberapa tindakan penanganan lain seperti imunoterapi atau terapi target. Dalam kebanyakan kasus, dokter onkologi medis biasanya menjadi dokter utama dalam penanganan kanker.
  • Onkologi bedah: Seorang onkolog yang mengambil spesialisasi onkologi bedah akan mengambil prosedur bedah untuk menangani kanker. Biasanya ia akan melakukan pegangkatan sel tumor dan otot-otot di sekitarnya. Dokter onkolog bedah juga bisa melakukan beberapa jenis tindakan biopsi untuk mendiagnosis kanker.
  • Onkologi radiasi: Seorang onkolog yang mengambil spesialisasi onkologi akan menangani kanker melalui prosedur terapi radiasi. Karena radiasi bisa membahayakan tubuh manusia, maka seorang onkolog radiasi juga harus menentukan dosis terapi serta bagian tubuh mana saja yang bisa dikenai tindakan radiasi.

Selain ketiga jenis onkologi di atas, ada juga beberapa jenis onkologi lain seperti:

  • Onkologi ginekologi: Seorang onkolog yang mengambil spesialisasi onkologi ginekologi bertugas menangani kanker yang berkaitan dengan sistem reproduksi wanita (meliputi uterus, ovarium, serta vagina).
  • Onkologi anak: Seorang onkolog yang mengambil spesialisasi onkologi anak bertugas menangani kanker pada anak-anak dan remaja. Kebanyakan kasus penyakit kanker yang ditangani meliputi tumor otak, leukimia, dan osteosarkoma. Namun, tidak menutup kemungkinan juga onkolog anak akan bekerja dengan onkolog dari bidang lain karena kanker yang sering terjadi pada anak-anak pun bisa menyerang orang dewasa.
  • Onkologi hematologi: Seorang onkolog yang mengambil spesialisasi onkologi hematologi akan bertugas menangani penyakit kanker yang berhubungan dengan darah seperti leukemia, multiple myeloma, dan limfoma.

Peran onkologi dalam menangani kanker

Dari uraian di atas, sebenarnya peran onkologi dalam menangani kanker sudah bisa diketahui. Namun, sebenarnya peran onkologi dalam penanganan kanker sangatlah luas. Untuk memudahkan Anda memahaminya, kami membaginya dalam beberapa poin singkat berikut:

  • Mendiagnosis penyakit kanker pada pasien.
  • Memberikan saran atas penanganan medis yang sesuai dengan kebutuhan pasien.
  • Mengawasi proses pengobatan, termasuk jika terjadi komplikasi di tengah jalannya pengobatan.
  • Melakukan evaluasi terhadap tindakan medis yang diambil untuk menangani kanker.
  • Menjaga kondisi pasien untuk menurunkan risiko kekambuhan paska pengobatan.

 

Dari ulasan di atas, Anda bisa mengetahui bahwa tugas seorang dokter onkologi dalam memberikan penanganan terhadap kanker bisa dibilang sangat kompleks. Penanganan onkologi yang lengkap seperti disebutkan dalam ulasan di atas bisa Anda dapatkan di Adi Husada Cancer Center. Dengan didukung oleh tenaga medis berpengalaman seperti dokter hematologi onkologi medik Surabaya terkenal, dr. Made Putra Sedana, Sp.PD KHOM, kami siap memberikan pelayanan serta penanganan terbaik untuk Anda.

OTHER NEWS & ARTICLES