fbpx

KAMI ADA UNTUK MEMBANTU ANDA

  1. Home
  2.  » 
  3. Artikel
  4.  » Healthy Cooking Class: Menjaga Gizi Penyintas Kanker Saat Pandemi

Healthy Cooking Class: Menjaga Gizi Penyintas Kanker Saat Pandemi

10 Februari 2021 | Artikel, Berita

Pasien kanker memiliki risiko tinggi terhadap persebaran virus Covid-19. Sebagai orang yang memiliki kekebalan tubuh yang menurun, pasien kanker perlu lebih berhati-hati terhadap paparan yang dapat membuatnya terinfeksi virus Covid-19. Berjuang melawan kanker di masa pandemi Covid-19 menjadi tantangan tersendiri bagi pasien kanker.

Saat ini wabah pandemi Covid-19 sedang berlangsung. Oleh karena itu pasien dengan riwayat kanker perlu lebih waspada. Pasien kanker memiliki daya tahan tubuh yang lebih rendah karena penyakit dan pengobatan kanker yang sedang dijalaninya. Karena itu dihimbau bagi pasien kanker untuk menjaga kebugaran dan meningkatkan imunitasnya.

Demi mencapai hal tersebut, mengubah pola makan merupakan salah satu dari beberapa faktor yang mempengaruhi sistem imun. Meski begitu, perlu diingat bahwa tidak ada makanan yang menjadi obat ajaib untuk mengobati kanker. Pola makan perbanyak asupan buah, sayur dan biji-bijian, kurangi asupan lemak hingga kurang dari 30 persen kalori.  Minimalkan asupan makanan yang diawetkan, diasinkan, dan diasapi. Raih dan pertahankan berat badan yang sehat merupakan cara meningkatkan system imun.

Bukan rahasia lagi buah dan sayur memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Melansir dari Live Strong, buah dan sayur memiliki fitokimia antioksidan yang bersifat anti-kanker. Fotokimia sendiri adalah senyawa alami yang ditemukan pada tumbuhan dan memiliki manfaat kesehatan. Sayur yang kaya akan fitokimia contohnya brokoli, kembang kol, kubis, kecambah brussel, dan kale. Buah yang memiliki kandungan antioksidan tinggi, antara lain: Bluberi, Strawberry, Plum, Jeruk, Anggur, Ceri, dan Mangga.

Biji-bijian utuh adalah makanan yang belum diolah yang kaya akan karbohidrat kompleks, serat, vitamin, mineral, dan fitokimia. Asupan serat yang tinggi seperti biji-bijian utuh memiliki manfaat positif dengan mengubah tindakan hormonal kanker.

“Sesuai dengan campaign 2021 yang di galakkan oleh AHCC yaitu “Stand Strong 4 Ever” dimana agar pasien kanker tetap kuat dalam menjalani setiap tahapan pengobatan membutuhkan dukungan semangat dari orang sekitar. Selain dukungan secara psikologi pasien kanker juga membutuhkan dukungan fisik yang prima, hal ini dapat diperoleh dari menjaga asupan gizi selama proses pengobatan.” jelas Mei Munawaroh selaku Senior Patient Advisor AHCC.

Dalam rangka  menyemarakkan peringatan Hari Kanker Sedunia (World Cancer Day) tahun 2021 ini, Serta sejalan dengan perlunya informasi asupan gizi yang baik untuk pasien kanker di masa pandemic Covid 19, Adi Husada Cancer Center (AHCC) menyelenggarakan kegiatan Healthy Cooking  bertema “Menjaga Gizi Penyintas Kanker Saat Pandemi”. Dalam acara ini akan diberikan tips dan triks membuat makanan sehat dalam sekejap  bersama dr. Yoseph Adi Kristian, Sp.Onk. Rad dan Ahli Gizi Elda Puspa, S.St untuk menambah pengetahuan tentang makanan sehat dan asupan gizi yang dibutuhkan  bagi  pasien kanker.

Acara “Healthy Cooking” ini dilaksanakan hari Rabu, 10 Februari 2021 mulai pukul 15.00 WIB  dan disiarkan secara live di Facebok @Adi Husada Cancer Center. Acara ini diperuntukkan untuk pasien, penyintas serta caregiver kanker pada khususnya, dan masyarakat luas pada umumnya.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *