fbpx

KAMI ADA UNTUK MEMBANTU ANDA

  1. Home
  2.  » 
  3. Artikel
  4.  » Mengapa Kanker Mengalami Metastasis?

Mengapa Kanker Mengalami Metastasis?

28 Agustus 2020 | Artikel

Life_of_a_Cancer_Cell

Sel kanker dapat berkembang biak ketika sel imun di dalam tubuh tidak mengenali atau bahkan kalah saat sel imun berusaha menetralisir sel kanker tersebut. Setelah sel kanker sudah mulai berkembang biak, biasanya akan menempel ke salah satu organ di dalam tubuh. Ketika sel kanker sudah mulai menyebar dan menempel ke lebih dari 1 jaringan organ tubuh lain, inilah yang dinamakan metastasis.

Ketika pasien kanker sudah divonis mengalami metastasis, biasanya kanker akan disebut dengan Stadium IV atau stadium akhir. Bagi Anda yang penasaran apa ciri-ciri kanker yang bisa mengalami metastasis dan mengapa kanker bisa menyebar sampai ke organ lain. Simak penjelasannya di bawah ini ya.

Teori kenapa kanker bisa menyebar

Ternyata ada beberapa teori yang menyatakan kenapa kanker bisa menyebar. Beberapa teori tersebut sekarang digunakan oleh beberapa dokter untuk melakukan diagnosis ketiak ada pasien penderita kanker. Berikut beberapa teori kenapa kanker bisa menyebar atau disebut dengan metastasis.

  • James Ewing dari Cornell University mengatakan bahwa sel kanker akan menyebar untuk pertama kali ke kelenjar getah bening. Setelah itu dari kelenjar getah bening sel kanker akan mulai menyebar ke organ tubuh lain melalui sel tersebut.
  • Ahli bedah, Stephen Paget dari Inggris mengatakan bahwa sel kanker ini menyebar ke organ tubuh lain yang memiliki karakteristik yang sama dengan sel kanker induk. Misalnya ketika ada sel kanker yang berkembang di payudara, maka sel kanker tersebut akan lebih memilih berkembang ke sel tulang karena sama-sama memiliki kalsium.
  • Studi dari University College London menyebutkan bahwa sel kanker ini berkembang biak karena mengikut sel sehat. Seperti dijelaskan bahwa sel kanker ini menyerang sel sehat dan mulai berkembang biak dengan cepat. Oleh karena itu biasanya sel kanker akan menyebar ke organ tubuh terdekat sampai terjauh tergantung pergerakan tumor.

Apakah semua jenis kanker memiliki sifat metastasis?

Pertanyaan selanjutnya adalah apakah semua jenis kanker ini memiliki sifat metastasis atau bisa menyebar ke organ tubuh lain? Jawabannya tidak. Ada beberapa kanker yang memiliki sifat jinak, seperti tumor jinak atau kanker yang masih didiagnosis berada pada stadium 0. Begitu juga sebaliknya, ada beberapa jenis kanker yang memang sangat berbahaya mempunyai sifat metastasis sangat tinggi, yaitu kanker otak, kanker hati, dan kanker pankreas mudah sekali menyebar.

Walaupun begitu, ada beberapa faktor lain seperti jenis dan sifat kanker, perubahan genetik, dan imunitas pada tubuh. Oleh karena itu, sangat penting untuk segera melakukan diagnosis kanker agar mengurangi terjadinya metastasis.

Apa yang harus dilakukan agar tidak mengalami metastasis?

Ada beberapa tipe metastasis pada kanker, pertama adalah kanker yang memang sudah ganas walaupun Anda sudah menjalani beberapa terapi. Kemudian ada jenis kanker yang terlambat untuk diketahui, sehingga sudah mengalami metastasis. Jenis metastasis yang kedua ini adalah yang berbahaya, karena Anda sudah terlambat mengetahui penyebaran kanker. Walaupun begitu, Anda bisa melakukan beberapa hal agar sel kanker tidak terlalu menyebar.

Selanjutnya jika Anda sudah mengalami diagnosis kanker ganas dan mempunyai kemungkinan mengalami metastasis, Anda bisa melakukan terapi untuk mengurangi penyebaran. Dengan begitu, Anda bisa menurunkan risiko terkena metastasis.

Sekarang Anda sudah mengetahui mengapa banyak orang yang terkena metastasis atau penyebaran kanker yang sangat mematikan. Semoga artikel di atas dapat membantu Anda.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *