fbpx

KAMI ADA UNTUK MEMBANTU ANDA

  1. Home
  2.  » 
  3. Artikel
  4.  » Kolesterol Naik Usai Lebaran? Berikut 7 Tips Turunkan Kolesterol

Kolesterol Naik Usai Lebaran? Berikut 7 Tips Turunkan Kolesterol

04 Mei 2022 | Artikel

Lebaran telah tiba, momen ini seringkali dijadikan ajang bersilaturahmi dan berkumpul bersama keluarga. Tak lupa berbagai makanan lezat disajikan seperti rendang, opor, sambal goreng ati, semur hingga kue kering. Sayangnya, makanan tersebut rata-rata mengandung lemak, santan, dan gula. Jika dikonsumsi berlebihan dapat memicu kenaikan kolesterol dalam darah.

Tingginya kolesterol bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, seperti jantung, stroke, serta diabetes. Lantas, bagaimana cara mengatasi kolesterol naik usai lebaran? Berikut tipsnya.

Perbanyak konsumsi sayur dan buah

Mengonsumsi sayur dan buah merupakan salah satu cara terbaik mempercepat penurunan kadar kolesterol. Kandungan serat dalam sayur dan buah membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Jumlah konsumsi sayur dan buah yang disarankan untuk menurunkan kolesterol yaitu sekitar 500 gram setiap harinya.

Hindari makanan berlemak

Makanan berlemak merupakan musuh bagi pengidap kolesterol tinggi. Oleh karena itu, hindari konsumsi makanan berlemak, seperti goreng-gorengan. Sebagai gantinya, pilihlah makanan yang rendah lemak, seperti ikan, ayam, daging sapi tanpa lemak, putih telur, kacang-kacangan, tahu, dan tempe yang diolah tanpa digoreng.

Konsumsi makanan yang mengandung omega-3

Makanan yang kaya omega-3 dapat membantu menurunkan kolesterol dan trigliserida dalam darah. Beberapa pilihan makanan kaya omega-3 yang disarankan seperti ikan salmon, mackerel, tuna, sarden, kacang kenari, dan biji chia.

Konsumsi makanan minuman yang mengandung serat larut

Konsumsi aneka makanan yang mengandung serat larut, misalnya alpukat, ubi jalar, brokoli, lobak, pir, wortel, apel, kacang merah, biji rami, dan gandum. Anda juga bisa mengonsumsi produk suplemen atau minuman yang mengandung serat larut beta glucan dan inulin. Beta glucan mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan kolesterol total dalam tubuh. Sedangkan inulin bermanfaat menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida dalam darah.

Kontrol berat badan

Menjaga berat badan ideal adalah salah satu kunci untuk menurunkan kolesterol tinggi, karena orang dengan berat badan berlebih lebih rentan mengalami peningkatan kadar kolesterol. Maka dari itu, terapkan diet sehat untuk menurunkan kolesterol.

Olahraga teratur

Berolahraga secara teratur sangat penting untuk membantu penurunan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh.

Berhenti merokok

Rokok dapat mengganggu keseimbangan kadar kolesterol dalam tubuh, maka dari itu, berhentilah merokok. Kebiasaan merokok dapat menurunkan kadar kolesterol baik (high density lipoprotein/HDL) dalam tubuh, selain itu, pembuluh darah juga menjadi lebih kaku. Jika ini terjadi, risiko untuk terkena penyakit jantung dan stroke akan meningkat.

Perlukah mengonsumsi obat penurun kolesterol?

Cara mengatasi kolesterol tinggi tidak harus selalu melalui obat-obatan. Di tahap awal, biasanya dokter menyarankan untuk menerapkan pola hidup sehat.  Namun, apabila pola hidup sehat sudah diterapkan tapi kolesterol tak kunjung turun, Anda bisa mengonsumsi obat penurun kolesterol sesuai anjuran dokter.

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsi obat kolesterol? Pengidap kolesterol tinggi memerlukan obat-obatan untuk menurunkan kolesterol bila:

  • Kadar kolesterol tidak turun setelah mengubah pola makan dan gaya hidup.
  • Pengidap kolesterol yang berisiko mengalami serangan jantung atau stroke.

Itu tadi tips yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan kolesterol. Selamat mencoba! jangan lupa selalu menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai jenis penyakit. Ada berbagai jenis penyakit yang dapat timbul dimulai dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari, mulai dari penyakit ringan hingga penyakit berat seperti kanker.

Jika Anda memerlukan informasi seputar kanker dan pengobatnnya, Anda dapat mengunjungi Adi Husada Cancer Center (AHCC), Surabaya atau hubungi kami melalui WA: 0822-8888-6922. AHCC merupakan pusat layanan kanker terintegrasi swasta pertama di Indonesia Timur yang memiliki tenaga medis handal dan aneka peralatan medis berstandar internasional. Kami siap membantu dan melayani Anda.

Credit img: wayhomestudio - freepik

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.