fbpx

KAMI ADA UNTUK MEMBANTU ANDA

  1. Home
  2.  » 
  3. Artikel
  4.  » Gejala Kanker Tiroid yang Sangat Jarang Disadari

Gejala Kanker Tiroid yang Sangat Jarang Disadari

29 Desember 2020 | Artikel

Kanker tiroid ini muncul karena ada pertumbuhan sel kanker di kelenjar tiroid yang tidak terkendali. Beberapa gejala sederhana yang muncul adalah membesarnya leher, sangat mirip dengan penyakit gondok. Dari sini banyak yang meremehkan salah satu gejala kanker tiroid, yaitu gondok. Walaupun tidak semua kanker tiroid ini leher penderita pasti membesar, bukan berarti Anda meremehkan penyakit gondok.

Untuk melengkapi dan mengedukasi Anda mengenai penyakit kanker tiroid. Sekarang simak apa saja sebenarnya gejala tiroid yang memang sangat jarang disadari. Mulai dari gejala yang sangat sederhana sama gejala yang bisa dibilang cukup serius. Simak penjelasan gejala kanker tiroid di sini.

Benjolan di leher

Salah satu gejala utama dari kanker tiroid adalah munculnya benjolan di bagian leher. Kelenjar tiroid yang letaknya di bagian leher berfungsi mendukung metabolisme tubuh, ketika sel kanker menyerang maka kelenjar tiroid tumbuh menjadi tidak terkendali. Itulah mengapa pasien kanker tiroid biasanya terdapat benjolan di bagian leher atau dalam beberapa kasus leher akan tampak membesar seperti terkena penyakit gondok.

Hal yang harus Anda garis bawahi adalah benjolan pada bagian leher ini biasanya tidak terasa sakit. Jadi Anda harus waspada ketika ukuran leher Anda membesar atau ada benjolan sedikit. Jangan ragu untuk periksa diri ke dokter untuk mengetahui dengan pasti.

Rasa sakit di bagian leher

Dalam beberapa kasus kanker tiroid, pembengkakan atau benjolan pada leher ini biasanya disertai rasa sakit. Misalnya nyeri pada bagian depan leher atau sakit ketika dipegang. Ini tandanya sel kanker tiroid sudah mulai menyebar dan Anda harus segera berkonsultasi ke dokter. Biasanya jika leher terasa sakit bahkan disertai sulit menelan sampai sulit bernapas, kanker tiroid sudah masuk ke dalam stadium lanjut.

Suara serak dan batuk

Tidak semua kanker tiroid ini menyerang bagian dalam leher, jadi ketika Anda merasa batuk dan tiba-tiba suara menjadi serak dalam jangka waktu yang cukup lama, Anda harus waspada. Walaupun tidak semua gejala ini masuk ke dalam kanker tiroid, Anda harus waspada dan mulai beristirahat yang cukup. Jika memang dalam jangka waktu 1 minggu belum sembuh, konsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Diagnosis kanker tiroid

Ketika Anda sudah merasakan 3 gejala utama di atas, Anda akan diperiksa oleh dokter onkologi atau penyakit dalam untuk mengetahui apakah Anda positif terkena kanker tiroid atau tidak. Ada beberapa diagnosis yang dilakukan dokter, pertama adalah pemeriksaan fisik. Ini dilakukan untuk mengetahui risiko, riwayat keluarga, sampai melihat apakah ada perubahan fisik di bagian leher. Setelah itu biasanya akan dilakukan tes darah, CT Scan, atau biopsi.

Itulah beberapa gejala kanker tiroid yang memang sangat sederhana dan bisa dibilang mirip dengan gejala penyakit lain. Anda harus tetap waspada dan tidak menganggap remeh gejala yang terjadi di dalam tubuh Anda.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *