fbpx

KAMI ADA UNTUK MEMBANTU ANDA

  1. Home
  2.  » 
  3. Artikel
  4.  » Cara Menjaga Berat Badan Tubuh untuk Mencegah Terjadinya Kanker

Cara Menjaga Berat Badan Tubuh untuk Mencegah Terjadinya Kanker

06 Desember 2020 | Artikel

Data dari International Agency for Research on Cancer menyebutkan bahwa 40% kasus kanker di Amerika Serikat ini berhubungan dengan masalah berat badan. Tidak hanya itu, majalah TIME juga merilis bahwa ada 630 ribu masyarakat Amerika Serikat di tahun 2014 yang terkena kanker karena masalah berat badan. Jadi bisa dibilang, menjaga berat badan adalah hal yang wajib Anda lakukan agar terhindar dari penyakit kanker.

Tentu Anda tahu bahwa obesitas sangat lekat dengan penyakit seperti darah tinggi, kolesterol, dan juga diabetes. Sekarang Anda harus waspada bahwa mempunyai masalah berat badan tubuh, itu Anda juga berpeluang terkena penyakit kanker. Simak cara menjaga berat badan tubuh untuk mencegah terjadinya kanker di bawah ini.

Cara menjaga berat badan untuk mencegah kanker 

Ada beberapa alasan mengapa Anda harus menjaga berat badan untuk mencegah kanker. Pertama adalah tubuh Anda membutuhkan kalori setiap harinya, tujuannya adalah membantu aktivitas sistem kerja dalam tubuh. Itulah kenapa ketika Anda telat makan atau beraktivitas saat lapar, Anda akan terasa mudah lelah, itu dikarenakan Anda kurang asupan kalori. Sama halnya ketika Anda sakit, tubuh akan membutuhkan energi untuk bekerja, sehingga Anda membutuhkan kalori lebih banyak dibanding biasanya.

Saat berat badan Anda normal, maka asupan kalori setiap harinya akan tercukupi. Sebaliknya ketika berat badan Anda tidak normal, seperti terlalu kurus atau terlalu gemuk, asupan kalori menjadi tidak normal. Saat tubuh membutuhkan kalori ekstra saat sakit, maka organ di dalam tubuh tidak bisa berfungsi maksimal.

Berikut cara menjaga berat badan:

  • Perbanyak sayuran dan buah

Ketika sakit, Anda akan diberikan asupan suplemen vitamin untuk meningkatkan imun tubuh. Sebenarnya asupan vitamin tersebut bisa Anda temukan di sayuran dan buah-buahan. Perbanyak makan sayuran hijau dan diselengi buah setiap harinya, jika memungkinkan siapkan pisang, apel, atau jeruk di meja makan untuk mengurangi jajanan dari luar.

  • Omega 3

Beberapa komunitas kanker yang ada di seluruh dunia sepakat bahwa makanan yang mengandung omega 3 wajib disertakan pada seluruh pasien kanker. Omega 3 merupakan lemak tak jenuh yang bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Pada pasien kanker, omega 3 bisa membantu mengurangi peradangan. Beberapa makanan yang mengandung omega 3 adalah ikan salmon, ikan tuna, kacang kedelai, dan kacang kenari.

  • Berolahraga sesuai porsinya

Banyak orang yang suka berolahraga tetapi tidak memperhatikan porsinya. Misalnya para pelari, mereka setiap hari latihan lari tetapi tidak diselingi istirahat ataupun asupan yang bergizi. Oleh sebab itu, Anda harus mempunyai jadwal olahraga yang teratur, misalnya minimal 3 kali seminggu. Lebih mudah, Anda bisa menjadwalkan setiap hari minggu dan 1 hari di weekdays.

Bagaimana jika berat badan Anda sekarang di atas normal? Anda bisa mulai diet, dengan cara mengubah pola makan dan memperbanyak olahraga. Salah satu kunci penting dalam memperoleh berat badan yang ideal adalah dengan berolahraga.  Dengan mendapatkan berat badan yang ideal, bukan sertamerta tubuh Anda kebal dari penyakit kanker. Tetapi setidaknya, tubuh Anda mempunyai metabolisme dan imunitas yang kuat terhadap penyakit.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *