fbpx

KAMI ADA UNTUK MEMBANTU ANDA

  1. Home
  2.  » 
  3. Artikel
  4.  » Bagaimana Cara Mencegah Kanker Ketika Sudah Masuk Usia 50 Tahun?

Bagaimana Cara Mencegah Kanker Ketika Sudah Masuk Usia 50 Tahun?

04 September 2020 | Artikel

Pemeriksaan-Lansia

Data dari National Cancer Institute di tahun 2017 menyebutkan bahwa manusia dengan usia 50 tahun ke atas sangat rentan terkena kanker. Kanker payudara misalnya, rata-rata umur seseorang yang terkena penyakit tersebut adalah 62 tahun. Bahkan kanker tiroid ini memiliki rata-rata umur penderita mencapai 51 tahun. Jadi jika umur Anda sekarang sudah mencapai 50 tahun, Anda akan berpotensi terkena penyakit kanker lebih besar.

Tetapi jangan khawatir, tidak semua orang dengan umu 50 tahun ke atas bisa terkena penyakit kanker. Ada beberapa hal yang bisa Anda ubah untuk mencegah atau memperkecil potensi Anda terkena kanker. di artikel kali ini akan dibahas bagaimana cara mencegah datangnya kanker ketika Anda sudah memasuki usia 50 tahun.

Mengatur pola makan yang sehat

Penyebab kanker paling dominan adalah pola makan yang buruk, mulai dari jarang makan sayuran atau buah-buahan, sampai terlalu sering makan junk food. Kasus kanker hati misalnya, hampir 70% orang yang terkena kanker tersebut adalah orang obesitas. Kanker usus besar juga sangat erat hubungannya dengan pola makan, ketidakseimbangan konsumsi buah-buahan dan sayuran.

Oleh karena itu, mulai sekarang Anda harus mengubah dan mengatur pola makan menjadi lebih sehat. Apalagi ketika Anda sudah mulai masuk ke umur 50 tahun ke atas, Anda akan lebih sering di rumah dan konsumsi makan akan meningkat. Siapkan selalu sayuran dan buah-buahan di meja makan setiap hari. Ganti snack atau konsumsi makanan ringan dengan buah-buahan ya.

Berolahraga

Olahraga bukan sekadar membuat badan Anda bergerak seluruhnya, tetapi mempunyai manfaat lain seperti mengeluarkan keringat dan memperlancar peredaran darah. Keringat di dalam tubuh yang keluar akan membuat sirkulasi mineral menjadi lebih teratur. Kemudian peredaran darah juga lebih lancar karena semua organ tubuh akan bekerja lebih cepat daripada biasanya.

Di umur yang sudah mencapai 50 tahun, tidak semua olahraga akan cocok untuk Anda. Jadi pilih olahraga yang mudah dan nyaman, misalnya bersepeda, jalan kaki, atau berenang. Atur jadwal olahraga minimal 2 kali selama 1 minggu. Ajak semua anggota keluarga agar Anda bisa lebih bersemangat dalam berolahraga.

Tidak meremehkan gejala

Selanjutnya adalah sebaiknya Anda tidak meremehkan gejala yang Anda rasakan. Ketika Anda sudah berumur 50 tahun ke atas, imunitas dan sistem kerja organ tubuh tidak akan sama ketika Anda berumur 20 atau bahkan 30 tahun. Jadi potensi Anda terkena kanker cukup besar, untuk menanggulangi hal tersebut salah satu cara terbaik adalah mengetahui gejala awal munculnya kanker.

Misalnya Anda merasakan nyeri di salah satu tubuh, cek selama 1 minggu apakah nyeri tersebut selalu muncul padahal Anda sudah beristirahat yang cukup. Kemudian cek selalu benjolan atau gejala lain seperti pusing dan mudah lelah. Jangan takut untuk periksa ke dokter, walaupun itu hanya gejala sangat ringan. Semakin dini Anda mengetahui penyakit kanker, semakin mudah pula untuk penyembuhan.

Itulah ketiga hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kanker di usia 50 tahun. Pastikan pula Anda beristirahat yang cukup, tidur 8 jam sehari dan sedikit tidur siang akan membuat badan Anda semakin sehat dan prima.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *