fbpx

KAMI ADA UNTUK MEMBANTU ANDA

  1. Home
  2.  » 
  3. Artikel
  4.  » Apa yang Harus Dilakukan Ketika Sudah Mengidap Kanker Payudara Stadium 4

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Sudah Mengidap Kanker Payudara Stadium 4

oleh | 23 Juli 2020 | Artikel

Kanker payudara menjadi salah satu penyakit paling mematikan bagi para wanita. Kementerian Kesehatan mengatakan bahwa setiap 100 ribu penduduk, 42,1 di antaranya akan terkena kanker payudara. Tidak hanya itu, kematian akibat kanker payudara ini mencapai 17 orang per 100 ribu penduduk yang terkena kanker payudara. Salah satu akibat banyaknya penderita kanker payudara yang meninggal dunia adalah terlambatnya penanganan dan kurangnya pengetahuan tentang kanker payudara.

Salah satu hal yang paling penting mengenai penyakit kanker adalah kesadaran dan penanganan. Semakin dini Anda mengetahui gejala penyakit kanker, tentu itu akan semakin bagus bagi dokter untuk melakukan tindakan pencegahan atau bahkan penyembuhan. Artikel kali ini akan mencoba membahas bagaimana jika Anda sudah terkena kanker payudara stadium IV, apa yang harus Anda lakukan?

Kondisi kanker stadium IV

Kanker stadium IV bisa juga dengan kanker stadium akhir. Kondisi kanker stadium IV adalah sel kanker telah menyebar jauh tidak hanya ke payudara, tetapi juga ke kelenjar getah bening dan organ tubuh lain. Biasanya kanker payudara stadium IV ini sel kankernya sudah menyebar ke paru-paru, hati, tulang, atau ada beberapa kasus sudah menyebar ke otak. Lalu bagaimana dengan kondisi payudara? Dalam beberapa kasus, kanker payudara stadium IV ini ada yang memiliki benjolan cukup besar, tetapi ada pula yang terlihat normal.

Kemungkinan sembuh setelah 5 tahun masih cukup besar 

Kanker payudara adalah salah satu concern utama bagi para peneliti, karena termasuk jenis kanker paling umum terjadi di dunia. Oleh karena itu setiap tahunnya pasti ada obat kemoterapi atau diagnosis baru mengenai penanganan kanker payudara. Menurut American Cancer Society, angka kematian terhadap kanker payudara ini setiap tahunnya semakin menurun. Ini tentu menjadi kabar yang menggembirakan, walaupun begitu Anda harus sering berkonsultasi terhadap dokter.

Langkah yang harus segera Anda lakukan

  • Terus berkonsultasi dengan dokter

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah terus berkomunikasi dan berkonsultasi dengan dokter. Penderita kanker stadium IV memiliki risiko kematian yang cukup besar, oleh karena itu Anda harus mengerti bagaimana cara menghambat pertumbuhan kanker dengan cara yang bermacam-macam. Misalnya menjaga pola makan atau menambah porsi olahraga.

  • Mencari tahu informasi tindakan penanganan segera

Dokter onkologi biasanya sudah mengetahui bagaimana penanganan untuk pasien kanker payudara stadium IV. Beberapa penanganannya antara lain adalah kemoterapi yang biasanya menjadi obat utama penanganan kanker stadium lanjut.

Kemudian terapi hormon yang akan diberikan jika sel kanker tumbuh karena ada pengaruh hormon yang ada di dalam tubuh. Selanjutnya ada terapi radiasi yang bertujuan untuk menghambat penyebaran sel kanker. Terakhir ada operasi yang biasanya dilakukan ketika ukuran dan lokasi tumor masih dapat dioperasi.

  • Komitmen untuk melakukan terapi

Hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah komitmen. Memiliki kanker payudara stadium IV ini sangat bergantung dengan terapi, oleh karena itu Anda harus konsisten dan berkomitmen dalam menjalani terapi. Jangan sampai Anda malas atau bahkan lupa untuk menjalani terapi.

Tentu tidak mudah menjalani pengobatan dan penanganan kanker payudara stadium IV. Tetapi dengan pengobatan yang mutakhir dan kesempatan hidup yang setiap tahun terus meningkat, tentu itu akan menjadi titik cerah Anda untuk sembuh. Semoga artikel di atas bisa memberikan pencerahan bagi Anda.

10 Komentar

  1. Kris

    Ibu saya kanker payudara menyebar ke tulang di sinar bagian punggung tapi dia tidak tahan.. sekarang duduk lama tidak bisa.. banyak tidur.. sakit sekali tangganya.. 1*24 jam.. apa yang harus saya buat.. Krn tangan mama saya dari siku ke bawa sudah tidak bisa di gerakkan. Tapi selalu terasa sakit seperti di tusuk2 kadang pedis dan ngilu yang tidak bisa di tahan..

    Balas
    • Robby

      Ibu saya juga mengalami hal yang sama, dulu sudah operasi tapi muncul benjolan lagi. Yg dirasakan seperti yg di tulis di atas.

      Balas
      • Srimunarsy

        z pux saudara dok,dia di vonis kamker payidara stadium 4,saat ini dia sedang berjuang melawan kanler tersbut.kmren dia d larikan k RS krn merasa sesak dan sakit.pas cek HB dia cm pux HB 5,udah didonor darah hbx naik 6 msh btuh bbrpa kantong darah untk menaikkan Hbx trus baru bs d lakukan operasi untk payudarax.secara medis apakah msh ada harapan untk hidup dok

        Balas
  2. Yanti

    Kira kira satu bulan yg lalu saya ada benjolan dibawah payudara kanan, lalu Konsul ke dokter bedah, dan disarankan operasi pengangkatan benjolan, dan hasil labornya invasive carcinoma mammae of no special type grade II, apakah tindakan pengobatan saya selanjutnya

    Balas
  3. Achmad Mudai

    Mohon pencerahannya, kondisi ibu saya sudah parah payudaranya sudah pecah keluar nanah. Saya bingung karena saya anak cowok sungkan untuk tahu lebih banyak tentang perkembangan kanker payudaranya. Apa yang harus saya lakukan?

    Balas
  4. Nurazizah

    Dua seorang ibu yg sedang menyusui,dok sy mau tanyaklo payudara sy terasa panas setelah Beby sy nenen,dn payudara sy sllu berkeringat dn terasa nyeri,apa itu ciri ciri kanker jg ya?

    Balas
  5. Nening

    Bulek saya di diagnosa kanker payudara stadium 4 dok, to sekarang masih pemeriksaan, katanya tangan nya terasa seperti ada sesuatu yg berjalan dan dadanya sakit.

    Apakah kanker payudara bisa sembuh dok

    Balas
  6. Andi

    Istri saya THN 2019 oprasi kangker dan sekarang tumbuh LG.lebih besar apa solusi nya dok bengkak kemerahan

    Balas
  7. Andi

    Apakah harus oprasi lg dok?? Kasian.

    Balas
  8. neni

    budhe saya juga menderita kanker payudara bahkan payudaranya sudah berlubang dan mengeluarkan darah setiap hari. apa yag harus dilakukan. tiap hari tidak bisa tidur dan kesakitan.

    Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *