fbpx

KAMI ADA UNTUK MEMBANTU ANDA

  1. Home
  2.  » 
  3. Artikel
  4.  » Mulai Serang Millenial, Apa Gejala dari Kanker Usus Besar?

Mulai Serang Millenial, Apa Gejala dari Kanker Usus Besar?

06 Agustus 2020 | Artikel

Akhir tahun 2019 kemarin Rumah Sakit Umum Nasional Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) memberikan penjelasan bahwa pasien termuda yang terkena kanker usus besar adalah berusia 24 tahun. Ini adalah hal yang sangat mengagetkan karena biasanya pasien yang menderita kanker usus besar ini berusia rata-rata 40 tahun ke atas. Salah satu hal yang paling disorot mengenai kanker usus besar yang diderita millennial adalah pola hidup yang kurang sehat.

Jika dilihat dari penyebab kanker usus besar, seperti pola makan yang tidak teratur, terlalu sering mengonsumsi daging merah/lemak, merokok, dan jarang olahraga tentu itu adalah kebiasaan yang sering dilakukan oleh millennial. Ingin serba instan membuat gerak tubuh sangat kurang dan membuat permasalahan pada pencernaan. Sebelum Anda sebagai millennial ataupun yang sudah menginjak paruh baya, simak ya gejala kanker usus besar yang mungkin Anda sering tidak ketahui.

Gejala dan penyebab kanker usus besar

Seperti dijelaskan di awal, penyebab kanker usus besar adalah buruknya pola makan sehari-hari. Apalagi ditambah Anda sangat malas untuk berolahraga, menjaga kebersihan, merokok, dan terlalu banyak mengonsumsi daging berlemak. Kanker usus besar ini diawali dengan munculnya tumor jinak yaitu polip. Jika kondisi imun tubuh turun dan ditambah kebiasaan jelek di atas masih terus Anda lakukan, polip akan menjadi tumor ganas dan bisa menjadi kanker usus besar.

Untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa mengantisipasi sejak dini dengan melihat beberapa gejala kanker usus besar di bawah ini.

  • Diare atau sembelit

Gejala awal kanker usus besar adalah diare atau sembelit. Anda mungkin sesekali mengalami diare atau sembelit, misalnya karena makan terlalu pedas atau asam. Tetapi jika Anda merasa bahwa tidak ada makanan yang aneh, tetapi Anda terus merasa diare atau sembelit, itu tandanya ada masalah pada saluran pencernaan Anda.

  • Perut kembung

Sama seperti gejala awal, perut kembung sering muncul ketika Anda telat makan. Tetapi jika perut kembung ini muncul terlalu sering, ada baiknya Anda waspada dan memeriksakan ke dokter jika ternyata tidak kunjung sembuh selama 3-4 hari.

  • Kram sampai sakit perut

Gejala paling sering muncul pada kanker usus besar adalah kram atau sakit perut. Ketika sel kanker sudah mulai berkembang dan menyerang saraf, salah satu efek yang sering muncul adalah kram dan sakit perut. Bahkan dalam beberapa kasus, kram dan sakit perut ini bisa muncul dan sembuh secara tiba-tiba.

  • BAB berdarah

Gejala terakhir yang berbahaya adalah BAB atau buang air besar berdarah. Sebenarnya Anda bisa melihat kesehatan tubuh Anda dari BAB. Apakah Anda lancar BAB dan bagaimana bentuknya? Jika ternyata BAB Anda sampai berdarah, berarti ada masalah dengan saluran pencernaan.

Dari keempat gejala di atas, Anda bisa memastikan apakah Anda terkena kanker usus besar atau tidak dengan cara diagnosis awal. Untuk kanker usus besar, Anda bisa melakukan CT Scan dan foto rontgen untuk melihat apakah Anda terkena kanker usus besar atau tidak.

Semoga artikel di atas bisa sedikit memberikan gambaran bagaimana kanker usus besar ini sudah mulai menyerang anak muda. Benahi pola makan dan sempurnakan dengan pola hidup sehat. Semoga Anda dan keluarga bisa terhindar dari kanker usus besar.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *