fbpx

KAMI ADA UNTUK MEMBANTU ANDA

  1. Home
  2.  » 
  3. Artikel
  4.  » AHCC Siap Temani Anda Lawan Kanker!

AHCC Siap Temani Anda Lawan Kanker!

oleh | 27 Januari 2023 | Artikel

Perjuangan lawan kanker di Indonesia bukanlah hal yang mudah. Jumlah kasus kanker di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya. Berdasarkan data Global Burden of Cancer Study (Globocan) milik WHO yang dikutip dari Katadata, mencatat bahwa pada tahun 2020 angka kasus kanker di Indonesia mencapai 396.914 kasus.

Angka kasus kanker di Indonesia ini menjadi hal yang wajib menjadi perhatian bersama, mengingat dari jumlah total tersebut, angka kematiannya mencapai 234.511 jiwa, yang berarti sekitar 59% kasus kanker di sini berujung pada kematian. Fakta ini memperkuat pernyataan bahwa diperlukan upaya bersama dari pemerintah, instansi dan tenaga kesehatan, serta masyarakat itu sendiri untuk memerangi kanker dan menurunkan angka prevalensinya.

Apa Itu Kanker?

Kanker merupakan sebutan untuk kondisi abnormal pada sel-sel yang mengalami mutasi pertumbuhan tidak terkendali dan menyebar dengan cepat ke jaringan tubuh lainnya. Kondisi ini dapat terjadi pada bagian tubuh mana pun tanpa terkecuali.

Penyebab kanker sendiri hingga kini belum diketahui secara pasti. Para ahli hanya dapat menjelaskan beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan potensi terjadinya kanker. Salah satu yang sering banyak disebut adalah kecenderungan gaya hidup masyarakat modern yang semakin tidak sehat.

Mengutip pernyataan dr. Mardiah Suci Hardianti, Ph.D.,Sp.PD., seorang ahli Hematologi Onkologi Medik dari Universitas Gajah Mada, munculnya kanker dipengaruhi oleh dua faktor utama. Pertama, faktor kerentanan individu itu sendiri. Dan yang kedua adalah faktor eksternal yang diperoleh dari lingkungan serta gaya hidup.

Apakah Bisa Dicegah?

Lebih lanjut dr. Mardiah menyebutkan 95% kanker terjadi akibat mutasi gen karena faktor dari luar. Sedangkan faktor internal “hanya” menyumbang sekitar 5%. Jadi seharusnya kanker dapat dicegah.

Pencegahan paling utama adalah dengan menjalani gaya hidup sehat. Dengan menghindari faktor-faktor risiko dapat membantu mencegah munculnya kanker. Jika Anda saat ini masih memiliki kebiasaan merokok, makan makanan cepat saji, minum alkohol, dan malas berolahraga, sebaiknya Anda mulai menghentikan kebiasaan-kebiasaan tersebut dan menggantinya dengan habit yang lebih sehat.

Selain itu penting untuk selalu aware dengan kondisi tubuh. Rutin melakukan pemeriksaan kesehatan akan sangat membantu Anda mengenali kondisi tubuh sendiri. Pemeriksaan ini juga akan membantu untuk mendeteksi adanya abnormalitas sel penyebab kanker lebih cepat. Dengan begitu penanganan pun dapat segera dilakukan, dan tingkat kesembuhannya akan semakin tinggi.

Cara Lawan Kanker

Namun jika sudah didiagnosa dengan kanker, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Karena sama seperti penyakit pada umumnya kanker juga masih bisa dilawan dengan berbagai rangkaian pengobatan. Berikut adalah beberapa metode yang biasa dilakukan dalam melawan kanker:

  • Kemoterapi
    Menggunakan obat-obatan khusus untuk membunuh sel kanker dan mencegah pertumbuhannya. Merupakan metode yang paling sering direkomendasikan untuk pengobatan kanker.
  • Radioterapi
    Memanfaatkan paparan radiasi gelombang energi tinggi seperti sinar X, gamma, proton, dan elektron untuk membunuh sel kanker.
  • Operasi/Pembedahan
    Pembedahan biasanya direkomendasikan untuk mengangkat jaringan tubuh yang sudah terinfeksi kanker.
  • Terapi Hormon
    Cocok digunakan pada beberapa jenis kanker yang dipicu oleh hormon tertentu, seperti kanker payudara dan prostat. Bekerja dengan menghambat hormon pemicu tumbuhnya sel kanker.
  • Targeted Therapy
    Menggunakan obat-obatan dan zat kimia tertentu yang menargetkan sel kanker secara spesifik. Dengan menargetkan sel kanker yang spesifik dapat mengurangi risiko merusak sel-sel normal lainnya di dalam tubuh.

Lawan Kanker Bersama AHCC

Adi Husada Cancer Center (AHCC) merupakan pusat penanganan kanker terintegrasi pertama di Indonesia timur yang siap mendampingi Anda melalui setiap tahapan pengobatan dengan menggunakan pendekatan yang mengutamakan keamanan dan kenyamanan, tidak hanya bagi pasien melainkan juga keluarga pendamping pasien.

Setiap dokter, perawat, dan staf di AHCC hadir untuk memberikan pelayanan dengan tujuan yang sama, yaitu “ada untuk membantu Anda”. Karena kami percaya bahwa dukungan adalah salah satu bentuk pengobatan yang tidak bisa ditemukan di apotek mana pun, tapi menjadi satu faktor besar yang dapat berikan stimulus positif serta meningkatkan efektifitas pengobatan medis yang Anda terima di AHCC.

Ada untuk membantu Anda juga berusaha kami hadirkan dengan memberikan fasilitas perawatan dan pengobatan terintegrasi dalam satu atap. Mulai dari layanan konsultasi, diagnosa, perawatan, hingga penebusan obat, dapat dilakukan semua dalam satu area Adi Husada Cancer Center. Memudahkan Anda menjangkau setiap layanan dengan lebih nyaman.

Ingin mengetahui lebih banyak tentang Adi Husada Cancer Center? Atau sedang membutuhkan informasi terkait layanan perawatan kanker? Anda dapat langsung menghubungi kami melalui kontak whatsapp di 0851-7422-6922 atau melalui email ke info@ahcc.co.id

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *