fbpx

KAMI ADA UNTUK MEMBANTU ANDA

  1. Home
  2.  » 
  3. Artikel
  4.  » Jangan Disepelekan! 5 Kebiasaan Ini Berisiko Tingkatkan Gangguan Kesehatan

Jangan Disepelekan! 5 Kebiasaan Ini Berisiko Tingkatkan Gangguan Kesehatan

oleh | 22 Agustus 2022 | Artikel

Sudah menjadi rahasia umum bahwa rutinitas kita sehari-hari sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan. Sayangnya, meskipun mayoritas kita mengetahui hal ini, masih banyak pula yang enggan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan tetap memilih melakukan kebiasaan-kebiasaan tidak sehat yang berpotensi mengganggu kesehatan hingga muncul penyakit kronis.

Dilansir dari Eat This, berikut adalah beberapa kebiasaan tidak sehat yang sadar tidak sadar masih banyak dilakukan oleh masyarakat kita yang dapat memicu gangguan kesehatan bahkan penyakit kronis:

Pola Tidur Berantakan

Pada kehidupan masyarakat modern seperti sekarang ini, tidak sedikit yang kekurangan waktu tidur berkualitas dengan berbagai macam alasan. Padahal kualitas tidur yang baik dapat sangat membantu organ-organ tubuh kembali segar dan menguatkan sistem kekebalannya. Waktu tidur yang berkurang pastinya berakibat pada kualitasnya sekaligus mengurangi kesempatan bagi tubuh untuk recovery setelah beraktivitas seharian.

Pola Makan Tidak Sehat & Seimbang

Kebiasaan mengonsumsi makanan & minuman yang tinggi gula sepertinya juga sudah menjadi pemandangan umum di masyarakat kita. Padahal tingginya konsumsi gula ini seperti diketahui dapat meningkatkan risiko terkena diabetes. Selain gula, tingginya konsumsi garam juga dapat berpengaruh buruk bagi tubuh karena berpotensi hadirkan hipertensi, serangan jantung hingga stroke. Menjaga pola makan tetap sehat dengan gizi seimbang adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menghindari penyakit-penyakit tersebut.

Buruk Dalam Mengelola Stres

Dalam satu penelitian yang diterbitkan pada jurnal BMJ Open pada 2020 lalu menyebutkan bahwa ketidakmampuan dalam mengelola stres dapat memotong umur Anda rata-rata 2,5 tahun. Ini dikarenakan stres yang tidak terkelola dengan baik memengaruhi respon peradangan dalam tubuh dan meningkatkan risiko terkena kanker, penyakit jantung, hingga demensia.

Kurangnya Aktivitas Fisik

Masyarakat modern yang lebih banyak duduk bekerja di depan layar dan kurang bergerak juga berpengaruh pada semakin tingginya angka pengidap penyakit kronis belakangan saat ini. Hal ini berhubungan dengan terjadinya pembekuan darah ketika tubuh jarang bergerak.

Kebiasaan Merokok

Kandungan nikotin pada rokok dapat mempersempit pembuluh darah. Nikotin berpotensi membuat darah mengental sebelum akhirnya membeku. Efek dari penyempitan ini adalah terhambatnya aliran darah menuju jantung. Selain kebiasaan merokok, kebiasaan mengonsumsi alkohol juga dapat meningkatkan risiko Anda terkena penyakit kronis hingga kanker.

Selain 5 kebiasaan di atas, sebenarnya masih ada banyak lagi kebiasaan tidak sehat yang sebaiknya Healthy People hindari mulai sekarang demi menjaga kesehatan. Agar kesehatan tubuh semakin terjaga, Anda juga dapat mulai rutin melakukan pemeriksaan kesehatan (medical check-up) dengan begitu permasalahan kesehatan juga dapat diketahui lebih dini dan membantu perawatannya lebih tepat.

Membutuhkan informasi seputar kanker? Anda dapat mengunjungi Adi Husada Cancer Center (AHCC) Surabaya atau hubungi kami melalui WA: 0822-8888-9300. AHCC merupakan pusat layanan kanker terintegrasi swasta pertama di Indonesia Timur yang memiliki tenaga medis handal dan aneka peralatan medis berstandar internasional. Kami siap membantu dan melayani Anda.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.